Wednesday, July 31, 2024

Manfaat, Dasar Klasifikasi Makhluk Hidup

     

LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK KELIMA


Nama Sekolah                 : SMAIT ALFITYAN MEDAN

Mata Pelajaran         : IPA - Biologi 

Fase/Kelas/ Semester : E/10 / 1 

Alokasi Waktu         : 2 x 45 menit

Materi                         : Manfaat, Dasar Klasifikasi Makhluk Hidup


Tujuan Pembelajaran

1. Asesmen Diagnostik materi Klasifikasi Makhluk Hidup

2. Manfaat dan dasar Klasifikasi Makhluk Hidup


Sumber Pembelajaran

Video Manfaat dan dasar Klasifikasi Makhluk Hidup



Metode Pembelajaran : Zigsaw dan Game Estafet Langkah Pembelajaran

Pendahuluan

Guru memberikan salam dan berdoa bersama

Guru mengecek kehadiran peserta didik, mengkondisikan kelas dan pembiasaan

Apersepsi

Guru menanyakan kepada peserta didik tentang materi yang sudah dipelajari yang dikaitkan dengan materi Manfaat dan dasar Klasifikasi Makhluk Hidup

Guru mengadakan asesmen diagnostik tentang Klasifikasi Makhluk Hidup (Asesmen diagnostik terlampir)

Pemberian Acuan

Guru menyampaikan tujuan pembelajaraan

Peserta didik dapat mengindentifikasikan manfaat dan dasar Klasifikasi Makhluk Hidup


Kegiatan Inti

1. Guru membagi kelas menjadi 6 kelompok ahli

2. Setiap kelompok membuat rangkuman presentasi sesuai dengan materi masing-masing Kelompok 1 : Klasifikasi Makhluk Hidup

Kelompok 2 : Manfaat klasifikasi

Kelompok 3 : Dasar Klasifikasi Sistem Alami Kelompok 4 : Dasar klasifikasi Sistem Artifisal (buatan) Kelompok 5 : Dasar klasifikasi Sistem Filogenetik Kelompok 6 : Dasar klasifikasi sistem modern


3. Guru memberikan video pembelajaran yang wajib menjadi referensi dalam membuat rangkuman materi

Video Manfaat dan dasar Klasifikasi Makhluk Hidup https://youtu.be/IUS8N5kP7WQ

4. Peserta didik berdiskusi dalam kelompok ahli

5. Peserta didik berbaris sesuai dengan kelompoknya, dan akan membuat kelompok baru yang merupakan gabungan dari ahli 1,2,3,4,5, dan 6.

 6. Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi pada kelompok ahli di kelompok baru masing-masing dalam kelompok.

7. Sehingga semua murid paham dengan materi dari kelompok ahli 1,2,3,4,5 dan 6

8. Guru memberikan asesmen formatif


Penutup

Resume: Guru membimbing peserta didik membuat kesimpulan tentang Manfaat dan dasar Klasifikasi Makhluk Hidup

Refleksi: Memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengrefleksi pembelajaran pada hari ini,supaya terjadi evaluasi dan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di pertemuan selanjutnya.

Guru memberikan contoh pembiasaan positif kesadaran terhadap pentingnya memahami Manfaat dan dasar Klasifikasi Makhluk Hidup

Guru memberikan evaluasi kepada peserta didik

Guru menyampaikan rencana pembelajaran selanjutnya



Asesmen Formatif

1. Sebutkan 4 dasar klasifikasi Makhluk hidup ! (skor 100)


Nilai = jumlah skor/ 100 x 100 Kriteria Ketuntasan Tujuan Pembelajaran Tipe Interval Nilai

Interval Nilai

0 – 40%

Artinya belum mencapai KKTP, remedial di seluruh bagian 41 – 65%

Artinya belum mencapai ketuntasan, remedial dibagian yang diperlukan 66% - 85%

Artinya sudah mencapai ketuntasan tidak perlu remidi 86% - 100%

Artinya sudah mencapai ketuntasan, perlu pengayaan atau tantangan.


1 comment:

  1. fahri ananda kesuma
    X E-1
    saya sudah menonton video ini
    video yang sangat bermanfaat bagi saya maupun teman saya

    ReplyDelete