LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK KELIMA
Nama Sekolah : SMAIT ALFITYAN MEDAN
Mata Pelajaran : IPA - Biologi
Fase/Kelas/ Semester : E / 10 / 1
Alokasi Waktu : 3 x 45 menit
Materi : Takson dan Tata Nama Binomial Nomenklatur
Tujuan Pembelajaran
1. Peserta didik dapat menyebutkan urutan Takson Hewan dan Tumbuhan
2. Peserta didik dapat menyebutkan Tata Nama Binomial Nomenklatur
Sumber Pembelajaran
Video Urutan Takson Hewan dan Tumbuhan
Video Tata Nama Binomial Nomenklatur
Metode Pembelajaran : Zigsaw dan Game Estafet Langkah Pembelajaran
Pendahuluan
• Guru memberikan salam dan berdoa bersama
• Guru mengecek kehadiran peserta didik, mengkondisikan kelas dan pembiasaan
Apersepsi
Guru menanyakan kepada peserta didik tentang materi yang sudah dipelajari yang dikaitkan dengan materi Takson dan Tata Nama Binomial nomenklatur
Pemberian Acuan
• Guru menyampaikan tujuan pembelajaraan
Peserta didik dapat menyebutkan urutan Takson Hewan dan Tumbuhan Peserta didik dapat menyebutkan Tata Nama Binomial Nomenklatur
Kegiatan Inti
1. Setiap murid wajib menyimak dan menuliskan urutan takson hewan dan tumbuhan secara benar berdasarkan dengan video referensi yang wajib ditonton
Video Urutan Takson Hewan dan Tumbuhan
2. Setiap murid menghafalkan urutan takson hewan dan tumbuhan.
3. Persiapan game estafet urutan takson hewan dan tumbuhan.
4. Guru menyiapkan kertas yang ditempelkan di dinding (luar kelas) sebanyak 6 kelompok kemudian menyiapkan spidol untuk menulis.
5. Keenam kelompok berbaris dan secara estafet berurutan menuliskan urutan takson hewan atau tumbuhan sesuai dengan perintah Guru
6. Yang paling cepat menyerahkan spidol ke Guru, itulah pemenangnya dengan catatan jawaban harus benar.
7. Setiap peserta didik menuliskan refleksi pada buku catatan atau kertas pembelajaran hari ini.
8. Guru memberikan video yang wajib disimak oleh seluruh murid.
Video Tata Nama Binomial Nomenklatur
9. Setiap murid menuliskan hal yang penting pada video pertama tentang penulisan tata nama binomial nomenklatur dan untuk video kedua menulis tentang macam - macam perkembangan sistem Kingdom.
10. Perwakilan murid membacakan rangkuman kedua video tersebut
11. Guru menjelaskan ulang tata cara penulisan nama spesies sesuai dengan binomial nomenklatur
12. Setiap murid menuliskan 1 nama spesies yang di cari di google pada selembar kecil yang sudah di bagikan
13. Kemudian kertas kecil tersebut diestafetkan ke bangku samping sesuai urutannya.
14. Setelah mendapat kertas murid lain, nama spesies dicatat di buku atau catatan biologi
15. Kemudian di estafetkan ke temen sebelahnya, dan kembali di tulis oleh murid yang menerima nama spesies.
16. Guru memberikan asesmen formatif
Penutup
• Resume: Guru membimbing peserta didik membuat kesimpulan tentang Takson dan Tata Nama Binomial nomenklatur
• Refleksi: Memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengrefleksi pembelajaran pada hari ini,supaya terjadi evaluasi dan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di pertemuan selanjutnya.
Guru memberikan contoh pembiasaan positif kesadaran terhadap pentingnya memahami Takson dan Tata Nama Binomial nomenklatur
• Guru memberikan evaluasi kepada peserta didik
Guru menyampaikan rencana pembelajaran selanjutnya
Asesmen Formatif
1. Sebutkan urutan takson pada hewan dari terendah ke tertinggi ! (skor 25)
2. Sebutkan urutan takson tumbuhan dari tertinggi ke terendah ! (skor 25)
3. Sebutkan tata cara penulisan Binomial Nomenklatur (skor 25)
4. Tuliskan 5 nama hewan dan 5 nama tumbuhan beserta bahasa latinnya dengan benar! (skor 25)
Nilai = jumlah skor/ 100 x 100
Kriteria Ketuntasan Tujuan Pembelajaran Tipe Interval Nilai Interval Nilai
0 – 40%
Artinya belum mencapai KKTP, remedial di seluruh bagian 41 – 65%
Artinya belum mencapai ketuntasan, remedial dibagian yang diperlukan 66% - 85%
Artinya sudah mencapai ketuntasan tidak perlu remidi 86% - 100%
Artinya sudah mencapai ketuntasan, perlu pengayaan atau tantangan.
Soal Game Estafet Urutan Takson Hewan dan Tumbuhan
1. Sebutkan urutan takson hewan dari takson terendah ke tertinggi
2. Sebutkan urutan takson tumbuhan dari takson terendah ke tertinggi
3. Sebutkan urutan takson hewan dari takson tertinggi ke terendah
4. Sebutkan urutan takson tumbuhan dari takson tertinggi ke terendah
5. Sebutkan urutan takson hewan dari takson terendah ke tertinggi
6. Sebutkan urutan takson tumbuhan dari takson takson tertinggi ke terendah
BERIKUT FILE MATERI URUTAN TAKSON DAN TATANAMA BINOMIAL NOMENKLATUR
0 comments:
Post a Comment