Monday, August 5, 2024

Takson dan Tata Nama Binomial Nomenklatur



 LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK KELIMA


Nama Sekolah             : SMAIT ALFITYAN MEDAN

Mata Pelajaran            : IPA - Biologi 

Fase/Kelas/ Semester  : E / 10 / 1 

Alokasi Waktu            : 3 x 45 menit

Materi             : Takson dan Tata Nama Binomial Nomenklatur


Tujuan Pembelajaran

1. Peserta didik dapat menyebutkan urutan Takson Hewan dan Tumbuhan

2. Peserta didik dapat menyebutkan Tata Nama Binomial Nomenklatur


Sumber Pembelajaran

Video Urutan Takson Hewan dan Tumbuhan



Video Tata Nama Binomial Nomenklatur 



Metode Pembelajaran : Zigsaw dan Game Estafet Langkah Pembelajaran

Pendahuluan

Guru memberikan salam dan berdoa bersama

Guru mengecek kehadiran peserta didik, mengkondisikan kelas dan pembiasaan

Apersepsi

Guru menanyakan kepada peserta didik tentang materi yang sudah dipelajari yang dikaitkan dengan materi Takson dan Tata Nama Binomial nomenklatur

Pemberian Acuan

Guru menyampaikan tujuan pembelajaraan

Peserta didik dapat menyebutkan urutan Takson Hewan dan Tumbuhan Peserta didik dapat menyebutkan Tata Nama Binomial Nomenklatur


Kegiatan Inti


1. Setiap murid wajib menyimak dan menuliskan urutan takson hewan dan tumbuhan secara benar berdasarkan dengan video referensi yang wajib ditonton

Video Urutan Takson Hewan dan Tumbuhan

https://youtu.be/EOEJDGgekSc

2. Setiap murid menghafalkan urutan takson hewan dan tumbuhan.

3. Persiapan game estafet urutan takson hewan dan tumbuhan.

4. Guru menyiapkan kertas yang ditempelkan di dinding (luar kelas) sebanyak 6 kelompok kemudian menyiapkan spidol untuk menulis.

5. Keenam kelompok berbaris dan secara estafet berurutan menuliskan urutan takson hewan atau tumbuhan sesuai dengan perintah Guru

 6. Yang paling cepat menyerahkan spidol ke Guru, itulah pemenangnya dengan catatan jawaban harus benar.

7. Setiap peserta didik menuliskan refleksi pada buku catatan atau kertas pembelajaran hari ini.

8. Guru memberikan video yang wajib disimak oleh seluruh murid. 

Video Tata Nama Binomial Nomenklatur 

https://youtu.be/uiU6kAi1Dj8

9. Setiap murid menuliskan hal yang penting pada video pertama tentang penulisan tata nama binomial nomenklatur dan untuk video kedua menulis tentang macam - macam perkembangan sistem Kingdom.

10. Perwakilan murid membacakan rangkuman kedua video tersebut

11. Guru menjelaskan ulang tata cara penulisan nama spesies sesuai dengan binomial nomenklatur

12. Setiap murid menuliskan 1 nama spesies yang di cari di google pada selembar kecil yang sudah di bagikan

13. Kemudian kertas kecil tersebut diestafetkan ke bangku samping sesuai urutannya.

14. Setelah mendapat kertas murid lain, nama spesies dicatat di buku atau catatan biologi

15. Kemudian di estafetkan ke temen sebelahnya, dan kembali di tulis oleh murid yang menerima nama spesies.

16. Guru memberikan asesmen formatif


Penutup

Resume: Guru membimbing peserta didik membuat kesimpulan tentang Takson dan Tata Nama Binomial nomenklatur

Refleksi: Memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengrefleksi pembelajaran pada hari ini,supaya terjadi evaluasi dan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di pertemuan selanjutnya.

Guru memberikan contoh pembiasaan positif kesadaran terhadap pentingnya memahami Takson dan Tata Nama Binomial nomenklatur

Guru memberikan evaluasi kepada peserta didik

Guru menyampaikan rencana pembelajaran selanjutnya


Asesmen Formatif

1. Sebutkan urutan takson pada hewan dari terendah ke tertinggi ! (skor 25)

2. Sebutkan urutan takson tumbuhan dari tertinggi ke terendah ! (skor 25)

3. Sebutkan tata cara penulisan Binomial Nomenklatur (skor 25)

4. Tuliskan 5 nama hewan dan 5 nama tumbuhan beserta bahasa latinnya dengan benar! (skor 25)










Nilai = jumlah skor/ 100 x 100

Kriteria Ketuntasan Tujuan Pembelajaran Tipe Interval Nilai Interval Nilai

0 – 40%

Artinya belum mencapai KKTP, remedial di seluruh bagian 41 – 65%

Artinya belum mencapai ketuntasan, remedial dibagian yang diperlukan 66% - 85%

Artinya sudah mencapai ketuntasan tidak perlu remidi 86% - 100%

Artinya sudah mencapai ketuntasan, perlu pengayaan atau tantangan.


Soal Game Estafet Urutan Takson Hewan dan Tumbuhan

1. Sebutkan urutan takson hewan dari takson terendah ke tertinggi

2. Sebutkan urutan takson tumbuhan dari takson terendah ke tertinggi

3. Sebutkan urutan takson hewan dari takson tertinggi ke terendah

4. Sebutkan urutan takson tumbuhan dari takson tertinggi ke terendah

5. Sebutkan urutan takson hewan dari takson terendah ke tertinggi

6. Sebutkan urutan takson tumbuhan dari takson takson tertinggi ke terendah

 

BERIKUT FILE MATERI URUTAN TAKSON DAN TATANAMA BINOMIAL NOMENKLATUR


Related Posts:

0 comments:

Post a Comment