LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK KELIMA
Nama Sekolah : SMAIT ALFITYAN MEDAN
Mata Pelajaran : Biologi
Fase/Kelas/ Semester : 10 / 1
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
Materi : Perkembangan Klasifikasi Makhluk Hidup
Tujuan Pembelajaran
1. Peserta didik dapat menjelaskan Perkembangan Klasifikasi Makhluk Hidup
Sumber Pembelajaran
Video Perkembangan Klasifikasi Makhluk Hidup
Metode Pembelajaran : Tonton- Tulis dan Game Dinamika Kelompok Langkah Pembelajaran
Pendahuluan
• Guru memberikan salam dan berdoa bersama
• Guru mengecek kehadiran peserta didik, mengkondisikan kelas dan pembiasaan
Apersepsi
Guru menanyakan kepada peserta didik tentang materi yang sudah dipelajari yang dikaitkan dengan materi Perkembangan Klasifikasi Makhluk Hidup Pemberian Acuan
• Guru menyampaikan tujuan pembelajaraan
Peserta didik dapat menjelaskan Perkembangan Klasifikasi Makhluk Hidup
Kegiatan Inti
1. Guru memberikan video yang wajib disimak oleh seluruh murid. Video Perkembangan Klasifikasi Makhluk Hidup
https://youtu.be/A8yAKwtDvTw
2. Guru bersama murid belajar tentang perkembangan Sistem Kingdom
3. Perwakilan murid menuliskan perkembangan sistem kingdom di papan tulis
4. Kemudian Guru membagi semua murid untuk menuliskan salah satu nama Kingdom pada setengah lembar HVS
5. Persiapan untuk melaksanakan game dinamika kelompok perkembangan Sistem Kingdom
6. Game dapat dilakukan di luar kelas
7. Tata cara game dinamika kelompok Perkembangan Sistem Kingdom
- Semua murid berbasis membentuk setengah lingkaran atau huruf U
- Guru berteriak Sistem 2 Kingdom, maka murid yang membawa kertas dengan tulisan Animalia dan Plantae masuk ke dalam setengah lingkaran dan bergandengan berdua (Animalia dan Plantae)
- Guru berteriak 3 Kingdom maka murid yang membawa kertas dengan tulisan Animalia, Plantae dan Protista masuk ke dalam lingkaran dan bergandengan bertiga
- Begitu seterusnya sampai sistem 6 Kingdom.
8. Dengan adanya game ini maka semua murid secara tidak langsung hafal dengan perkembangan sistem kingdom
9. Guru dan murid membuat kesimpulan
10. Semua murid menuliskan refleksi pembelajaran hari ini
11. Guru memberikan asesmen formatif
Penutup
• Resume: Guru membimbing peserta didik membuat kesimpulan tentang Perkembangan Klasifikasi Makhluk Hidup
• Refleksi: Memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengrefleksi pembelajaran pada hari ini,supaya terjadi evaluasi dan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di pertemuan selanjutnya.
Guru memberikan contoh pembiasaan positif kesadaran terhadap pentingnya memahami Perkembangan Klasifikasi Makhluk Hidup
• Guru memberikan evaluasi kepada peserta didik
Guru menyampaikan rencana pembelajaran selanjutnya
Asesmen Formatif
1. Sebutkan perkembangan sistem 2 kingdom dan 5 kingdom ! (skor 100)
Nilai = jumlah skor/ 100 x 100 Kriteria Ketuntasan Tujuan Pembelajaran Tipe Interval Nilai
Interval Nilai
0 – 40%
Artinya belum mencapai KKTP, remedial di seluruh bagian 41 – 65%
Artinya belum mencapai ketuntasan, remedial dibagian yang diperlukan 66% - 85%
Artinya sudah mencapai ketuntasan tidak perlu remidi 86% - 100%
Artinya sudah mencapai ketuntasan, perlu pengayaan atau tantangan.
0 comments:
Post a Comment