Tuesday, August 20, 2024

Pekembangan Klasifikasi Makhluk Hidup

 


LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK KELIMA


Nama Sekolah             : SMAIT ALFITYAN MEDAN

Mata Pelajaran     : Biologi

Fase/Kelas/ Semester   : 10 / 1

Alokasi Waktu     : 2 x 45 menit

Materi                     : Perkembangan Klasifikasi Makhluk Hidup


Tujuan Pembelajaran

1. Peserta didik dapat menjelaskan Perkembangan Klasifikasi Makhluk Hidup


Sumber Pembelajaran

Video Perkembangan Klasifikasi Makhluk Hidup



https://youtu.be/PRjgzPzQkpQ


Metode Pembelajaran : Tonton- Tulis dan Game Dinamika Kelompok Langkah Pembelajaran

Pendahuluan

Guru memberikan salam dan berdoa bersama

Guru mengecek kehadiran peserta didik, mengkondisikan kelas dan pembiasaan

Apersepsi

Guru menanyakan kepada peserta didik tentang materi yang sudah dipelajari yang dikaitkan dengan materi Perkembangan Klasifikasi Makhluk Hidup Pemberian Acuan

Guru menyampaikan tujuan pembelajaraan

Peserta didik dapat menjelaskan Perkembangan Klasifikasi Makhluk Hidup


Kegiatan Inti

1. Guru memberikan video yang wajib disimak oleh seluruh murid. Video Perkembangan Klasifikasi Makhluk Hidup 

https://youtu.be/A8yAKwtDvTw

2. Guru bersama murid belajar tentang perkembangan Sistem Kingdom

3. Perwakilan murid menuliskan perkembangan sistem kingdom di papan tulis

4. Kemudian Guru membagi semua murid untuk menuliskan salah satu nama Kingdom pada setengah lembar HVS

5. Persiapan untuk melaksanakan game dinamika kelompok perkembangan Sistem Kingdom

6. Game dapat dilakukan di luar kelas

7. Tata cara game dinamika kelompok Perkembangan Sistem Kingdom

- Semua murid berbasis membentuk setengah lingkaran atau huruf U

- Guru berteriak Sistem 2 Kingdom, maka murid yang membawa kertas dengan tulisan Animalia dan Plantae masuk ke dalam setengah lingkaran dan bergandengan berdua (Animalia dan Plantae)

 

- Guru berteriak 3 Kingdom maka murid yang membawa kertas dengan tulisan Animalia, Plantae dan Protista masuk ke dalam lingkaran dan bergandengan bertiga

- Begitu seterusnya sampai sistem 6 Kingdom.

8. Dengan adanya game ini maka semua murid secara tidak langsung hafal dengan perkembangan sistem kingdom

9. Guru dan murid membuat kesimpulan

10. Semua murid menuliskan refleksi pembelajaran hari ini

11. Guru memberikan asesmen formatif


Penutup

Resume: Guru membimbing peserta didik membuat kesimpulan tentang Perkembangan Klasifikasi Makhluk Hidup

Refleksi: Memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengrefleksi pembelajaran pada hari ini,supaya terjadi evaluasi dan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di pertemuan selanjutnya.

Guru memberikan contoh pembiasaan positif kesadaran terhadap pentingnya memahami Perkembangan Klasifikasi Makhluk Hidup

Guru memberikan evaluasi kepada peserta didik

Guru menyampaikan rencana pembelajaran selanjutnya



Asesmen Formatif

1. Sebutkan perkembangan sistem 2 kingdom dan 5 kingdom ! (skor 100)


Nilai = jumlah skor/ 100 x 100 Kriteria Ketuntasan Tujuan Pembelajaran Tipe Interval Nilai

Interval Nilai

0 – 40%

Artinya belum mencapai KKTP, remedial di seluruh bagian 41 – 65%

Artinya belum mencapai ketuntasan, remedial dibagian yang diperlukan 66% - 85%

Artinya sudah mencapai ketuntasan tidak perlu remidi 86% - 100%

Artinya sudah mencapai ketuntasan, perlu pengayaan atau tantangan.


0 comments:

Post a Comment