Sunday, September 1, 2024

REPRODUKSI SEL (PEMBELAHAN SEL)



 LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD)

Nama Sekolah                 : SMAIT ALFITYAN MEDAN

Mata Pelajaran         : Biologi

Fase/Kelas/ Semester : F /11 / 1 

Alokasi Waktu         : 8 x 45 menit

Materi                         : Amitosis, Mitosis dan Meiosis


Tujuan Pembelajaran

1. Siswa dapat mengindentifikasikan Amitosis, Mitosis dan Meiosis

2. Siswa dapat mengindentifikasikan Praktikum Reproduksi sel

3. Siswa dapat menjelaskan Presentasi Laporan Praktikum


Metode Pembelajaran : Computational Thingking (CT) dengan 2 kali pertemuan.


Pertemuan Pertama :

1. Abstraksi

Peserta didik diminta untuk melihat video pembelajaran dibawah ini


Amitosis :

https://youtu.be/oES-2XXFEto

Mitosis :

https://youtu.be/757F8OTDLVo

Meiosis : 

https://youtu.be/N1fPizfvwn0


Tugas ;

Setelah melihat ketiga video tersebut, setiap peserta didik membuat ringkasan dari ketiga video tersebut pada selembar kertas yang sudah disiapkan oleh Guru.

2. Dekomposisi

a. Guru membagi kelas menjadi 13 kelompok terdiri dari kelompok

1) Interfase

2) Profase Mitosis

3) Metafase Mitosis

4) Anafase Mitosis

5) Telofase Mitosis

6) Profase Meiosis 1

7) Metafase Meiosis 1

8) Anafase Meiosis 1

9) Telofase Meiosis 1

10) Profase Meiosis 2

11) Metafase Meiosis 2

12) Anafase Meiosis 2

13) Telofase Meiosis 2

b. Masing-masing kelompok mempelajari dan berdiskusi sesuai dengan bagiannya dan ditulis di selembar kertas yang telah disiapkan

c. Setiap kelompok menyiapkan alat dan bahan untuk praktikum Reproduksi Sel pertemuan selanjutnya

d. Alat dan bahan berupa : plastisin (lilin malam), piring plastik kecil sebagai alas.

 

Pertemuan Kedua :

3. Algoritma

a. Peserta didik dalam kelompok mengerjakan praktikum reproduksi sel sesuai dengan bagian materinya

b. Kelompok2 kecil bergabung menjadi 2 kelompok besar yaitu

1. Kelompok besar Mitosis yang terdiri dari keloompok kecil Interfase, Profase Mitosis, Metafase Mitosis, Anafase Mitosis dan Telofase Mitosis

2. Kelompok besar Meiosis terdiri dari kelompok kecil Meiosis 1 dan Meiosis 2

c. Peserta didik menghafalkan urutan dari proses Mitosis dan Meiosis dengan menggunakan alat peraga yang sudah dibuat.

d. Setiap kelompok wajib mendokumentasikan semua urutan Mitosis dan Meiosis dan memberikan keterangan pada setiap foto yang diambil, laporan dalam bentuk foto berjalan (video)


4. Pengenalan Patern (Pola)

a. Setiap kelompok kecil membuat tabel perbedaan Mitosis dan Meiosis


Faktor pembeda

Mitosis

Meiosis


Refleksi Pembelajaran






Asesmen Formatif

1) Jelaskan perbedaan antara Amitosis, Mitosis dan Meiosis! (skor 50)
2) Sebut dan jelaskan tahapan pada Mitosis dan Meiosis! (skor 50)

0 comments:

Post a Comment