Senin, 09 September 2024

VIRUS

 


LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK


Nama Sekolah                 : SMAIT ALFITYAN MEDAN

Mata Pelajaran         : IPA - Biologi

Fase/Kelas/ Semester : E / 10 / 1

Alokasi Waktu         : 3 x 45 menit

Materi                 : Bentuk, Reproduksi dan Klasifikasi Virus


Tujuan Pembelajaran

Peserta didik dapat menjelaskan Asal, Bentuk dan Struktur Virus Peserta didik dapat menjelaskan Reproduksi Virus

Peserta didik dapat menyebutkan Klasifikasi Virus


Sumber Pembelajaran


Asal, Bentuk dan Struktur Virus


 https://youtu.be/WC44_WGnF3g


Reproduksi Virus

https://youtu.be/U5ksg6WQSu8


Klasifikasi Virus 

https://youtu.be/uPrvbh52InY




Metode Pembelajaran : Game Berkelompok Langkah Pembelajaran

Pendahuluan

Guru memberikan salam dan berdoa bersama

Guru mengecek kehadiran peserta didik, mengkondisikan kelas dan pembiasaan

Apersepsi

Guru menanyakan kepada peserta didik tentang materi yang sudah dipelajari yang dikaitkan dengan materi Bentuk, Reproduksi dan Klasifikasi Virus

Pemberian Acuan

Guru menyampaikan tujuan pembelajaraan

Peserta didik dapat menjelaskan Asal, Bentuk dan Struktur Virus

Peserta didik dapat menjelaskan Reproduksi Virus

Peserta didik dapat menyebutkan Klasifikasi Virus


Kegiatan Inti

1. Kelas dibagi menjadi 6 kelompok, masing-masing kelompok menjawab satu dari kelima pertanyaan dibawah ini !

1) Menurut pendapat kalian, apakah virus termasuk benda mati atau makhluk hidup? Berikan alasan yang ilmiah !

Untuk nomor 2,3 dan 4 perhatikan gambar diatas !

2) Jelaskan pengertian bakteriofage, dan sebutkan bagian-bagian pada Bakteriogage !

3) Jelaskan bagian pada virus Corona, dan apa yang menyebabkan virus tersebu8t cepat menular?

4) Apakah kesamaan struktur antara bakteriofage dan virus Corona !

5) Menurut pendapat kalian apakah virus adalah sel? Jelaskan secara ilmiah !

6) Jelaskan dasar dari Klasifikasi Virus dan beri 1 contoh nya !



2. Jawaban di tulis pada kertas plano atau HVS atau kertas presentasi yang telah disiapkan, dan harus di hias supaya menarik.

3. Presentasi stand to stand dengan cara, 2 anggota kelompok berjaga di stand sendiri, bertugas untuk menjelaskan setiap anggota kelompok lain yang bertanya atau berkunjung

4. Anggota kelompok yang lain berkunjung ke semua kelompok yang lain, dan mencari informasi sebanyak- banyaknya untuk di sampaikan ke kelompok sendiri.

5. Guru memberi penguatan terhadap materi hari ini


Penutup

Resume: Guru membimbing peserta didik membuat kesimpulan tentang Asal, Bentuk dan Struktur Virus, Reproduksi Virus, Klasifikasi Virus

Refleksi: Memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengrefleksi pembelajaran pada hari ini,supaya terjadi evaluasi dan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di pertemuan selanjutnya.

Guru memberikan contoh pembiasaan positif kesadaran terhadap pentingnya memahami Asal, Bentuk dan Struktur Virus, Reproduksi Virus, Klasifikasi Virus

Guru memberikan evaluasi kepada peserta didik

Guru menyampaikan rencana pembelajaran selanjutnya




Asesmen Formatif Asal, Bentuk dan Struktur Virus

Asesmen Formatif Reproduksi Virus





Nilai = jumlah skor/ 100 x 100

Kriteria Ketuntasan Tujuan Pembelajaran Tipe Interval Nilai Interval Nilai

0 – 40%

Artinya belum mencapai KKTP, remedial di seluruh bagian 41 – 65%

Artinya belum mencapai ketuntasan, remedial dibagian yang diperlukan 66% - 85%

Artinya sudah mencapai ketuntasan tidak perlu remidi 86% - 100%

Artinya sudah mencapai ketuntasan, perlu pengayaan atau tantangan.


MATERI BIOLOGI KELAS X FASE E LKPD VIRUS


0 komentar:

Posting Komentar