
LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK KESEMBILAN
Nama Sekolah : SMAIT ALFITYAN MEDAN
Mata Pelajaran : IPA - Biologi
Fase/Kelas/ Semester : E / 10 / 1
Alokasi Waktu : 3 x 45 menit
Materi : Bentuk, Struktur, Cara hidup dan Reproduksi Bakteri
Tujuan Pembelajaran
1. Peserta didik dapat menjelaskan bentuk dan struktur bakteri
2. Peserta didik dapat memahami cara hidup bakteri
3. Peserta didik dapat menyebutkan reproduksi bakteri
Sumber Pembelajaran
Cara Hidup bakteri
Langkah Pembelajaran Pendahuluan
• Guru memberikan salam dan berdoa bersama
• Guru mengecek kehadiran peserta didik, mengkondisikan kelas dan pembiasaan
Apersepsi
• Guru menanyakan kepada peserta didik tentang materi yang sudah dipelajari yang dikaitkan dengan materi Bentuk, Struktur, Cara hidup dan Reproduksi Bakteri Pemberian Acuan
• Guru menyampaikan tujuan pembelajaraan
1. Peserta didik dapat menjelaskan bentuk dan struktur bakteri
2. Peserta didik dapat memahami cara hidup bakteri
3. Peserta didik dapat menyebutkan reproduksi bakteri
Kegiatan Inti
1. Setiap murid menyebutkan do, re dan mi secara bergantian
2. Guru memberikan Video pembelajaran
Do : Bentuk dan Struktur Bakteri
Re : Cara Hidup bakteri
Mi : Reproduksi Bakteri
3. Setiap murid menyimak video pembelajaran sesuai dengan bagiannya, buat rangkuman dan menuliskan Kembali apa isi video tersebut
4. Msing-masing peserta didik mencari pasangannya, sehingga akan bergabung antara murid Do, Re dan Mi.
5. Ketiga murid dalam kelompok saling berbagi apa yang sudah dipelajari pada video pembelakaran tersebut.
6. Perwakilan ketiga murid Do, Re, dan Mi untuk mempresentasikan ke depan kelas.
7. Guru memberikan penjelasan dan penguatan tentang Bentuk, Struktur, Cara hidup dan reproduksi Bakteri
Penutup
• Resume: Guru membimbing peserta didik membuat kesimpulan tentang Bentuk, Struktur, Cara hidup dan Reproduksi Bakteri
• Refleksi: Memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengrefleksi pembelajaran pada hari ini,supaya terjadi evaluasi dan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di pertemuan selanjutnya.
• Guru memberikan contoh pembiasaan positif kesadaran terhadap pentingnya memahami Bentuk, Struktur, Cara hidup dan Reproduksi Bakteri
• Guru memberikan evaluasi kepada peserta didik
• Guru menyampaikan rencana pembelajaran selanjutnya
ASESMEN FORMATIF
Nilai = jumlah skor/ 100 x 100
Kriteria Ketuntasan Tujuan Pembelajaran Tipe Interval Nilai Interval Nilai
0 – 40%
Artinya belum mencapai KKTP, remedial di seluruh bagian 41 – 65%
Artinya belum mencapai ketuntasan, remedial dibagian yang diperlukan 66% - 85%
Artinya sudah mencapai ketuntasan tidak perlu remidi 86% - 100%
Artinya sudah mencapai ketuntasan, perlu pengayaan atau tantangan.
0 comments:
Post a Comment