Thursday, November 14, 2024

BAKTERI







 LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK KESEMBILAN

Nama Sekolah : SMAIT ALFITYAN MEDAN

Mata Pelajaran : IPA - Biologi 

Fase/Kelas/ Semester : E / 10 / 1 

Alokasi Waktu : 3 x 45 menit

Materi : Bentuk, Struktur, Cara hidup dan Reproduksi Bakteri


Tujuan Pembelajaran

1. Peserta didik dapat menjelaskan bentuk dan struktur bakteri

2. Peserta didik dapat memahami cara hidup bakteri

3. Peserta didik dapat menyebutkan reproduksi bakteri


Sumber Pembelajaran

Bentuk dan Struktur Bakteri


Cara Hidup bakteri

Reproduksi Bakteri




Langkah Pembelajaran Pendahuluan

Guru memberikan salam dan berdoa bersama

Guru mengecek kehadiran peserta didik, mengkondisikan kelas dan pembiasaan

Apersepsi

Guru menanyakan kepada peserta didik tentang materi yang sudah dipelajari yang dikaitkan dengan materi Bentuk, Struktur, Cara hidup dan Reproduksi Bakteri Pemberian Acuan

Guru menyampaikan tujuan pembelajaraan

1. Peserta didik dapat menjelaskan bentuk dan struktur bakteri

2. Peserta didik dapat memahami cara hidup bakteri

3. Peserta didik dapat menyebutkan reproduksi bakteri


Kegiatan Inti


1. Setiap murid menyebutkan do, re dan mi secara bergantian

2. Guru memberikan Video pembelajaran

Do : Bentuk dan Struktur Bakteri

Re : Cara Hidup bakteri

Mi : Reproduksi Bakteri

 


3. Setiap murid menyimak video pembelajaran sesuai dengan bagiannya, buat rangkuman dan menuliskan Kembali apa isi video tersebut

4. Msing-masing peserta didik mencari pasangannya, sehingga akan bergabung antara murid Do, Re dan Mi.

5. Ketiga murid dalam kelompok saling berbagi apa yang sudah dipelajari pada video pembelakaran tersebut.

6. Perwakilan ketiga murid Do, Re, dan Mi untuk mempresentasikan ke depan kelas.

7. Guru memberikan penjelasan dan penguatan tentang Bentuk, Struktur, Cara hidup dan reproduksi Bakteri


Penutup

Resume: Guru membimbing peserta didik membuat kesimpulan tentang Bentuk, Struktur, Cara hidup dan Reproduksi Bakteri

Refleksi: Memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengrefleksi pembelajaran pada hari ini,supaya terjadi evaluasi dan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di pertemuan selanjutnya.

Guru memberikan contoh pembiasaan positif kesadaran terhadap pentingnya memahami Bentuk, Struktur, Cara hidup dan Reproduksi Bakteri

Guru memberikan evaluasi kepada peserta didik

Guru menyampaikan rencana pembelajaran selanjutnya


ASESMEN FORMATIF

BENTUK DAN STRUKTUR BAKTERI


Nilai = jumlah skor/ 100 x 100

Kriteria Ketuntasan Tujuan Pembelajaran Tipe Interval Nilai Interval Nilai

0 – 40%

Artinya belum mencapai KKTP, remedial di seluruh bagian 41 – 65%

Artinya belum mencapai ketuntasan, remedial dibagian yang diperlukan 66% - 85%

Artinya sudah mencapai ketuntasan tidak perlu remidi 86% - 100%

Artinya sudah mencapai ketuntasan, perlu pengayaan atau tantangan.


0 comments:

Post a Comment