Kelas X E-2

Bersama Wali Kelas

Biologi

Ilmu yang Mempelajari tentang Makhluk Hidup.

Kegiatan Belajar

Semangat Belajar.

Ifthar Jama'i

Buka Puasa Bersama bulan Ramadhan tahun 2022

Class Meeting

Kelas XI MIA 1 Juara Umum Class Meeting Semester Genap Tahun Ajaran 2021/2022

Monday, January 20, 2025

Golongan Darah Manusia

 



LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD)

Nama Sekolah             : SMAIT Al Fityan Medan

Mata Pelajaran            : Biologi

Fase/Kelas/ Semester  : F /11 / 1 

Alokasi Waktu             : 3 x 45 menit

Materi                           : Golongan Darah

 

Tujuan Pembelajaran

Siswa dapat melaksanakan Praktikum Uji Golongan darah

Siswa dapat mengidentifikasikan Golongan darah ABO dan Rhesus


Sumber Pembelajaran

Golongan Darah Sistem ABO dan Rhesus https://youtu.be/feJys2CLjL8



Transfusi Darah

https://youtu.be/syMLha3WmJU



 

Uji Golongan Darah


Metode Pembelajaran : Role Playing Langkah Pembelajaran

·         Guru memberikan video referensi 


Golongan Darah Sistem ABO dan Rhesus https://youtu.be/_45HBf7WecY 


Transfusi Darah 

https://youtu.be/GaW5sDA9qME


Uji Golongan Darah

 

·         Guru membagi kelas menjadi 6 atau 7 kelompok (masing-masing kelompok beranggotakan 4 atau 5 murid)

·         Setiap kelompok diberi bagian nya untuk menjadi golongan darah apa (terlampir0

·         Setiap murid menuliskan perannya pada kertas HVS.

·         Semua murid dalam kelompok berdiskusi dengan berkonsultasi kepada Guru tentang bermain peran Golongan darah

·         Tiap kelompok tampil untuk mempresentasikan bermain peran golongan darah dan uji golongan darah

·         Selanjutnya diadakan kolaborasi antar kelompok untuk bermain peran tentang transfuse darah.

·         Guru dan murid membuat kesimpulan

·         Semua murid menuliskan refleksi pembelajaran hari ini.


 

Metode Role Playing Golongan Darah

Golongan Darah A

Peran : Aglutinogen A

Aglutinin b Anti serum a Anti serum b

Aglutinasi / Non aglutinasi

Buat Peran

1.      Menjelaskan Golongan Darah A

2.      Menjelaskan Uji Golongan Darah A

3.      Menjelaskan proses transfusi darah A ke B, Menjelaskan proses transfusi darah A ke AB, Menjelaskan proses transfusi darah A ke O (kolaborasi dengan kelompok lain)

 

 

Golongan Darah B

Peran : Aglutinogen B

Aglutinin a Anti serum a Anti serum b

Aglutinasi/Non aglutinasi

Buat Peran

1.      Menjelaskan Golongan Darah B

2.      Menjelaskan Uji Golongan Darah B

3.      Menjelaskan proses transfusi darah B ke A, Menjelaskan proses transfusi darah B ke AB, Menjelaskan proses transfusi darah B ke O (kolaborasi dengan kelompok lain)

 

Golongan Darah AB

Peran : Aglutinogen A

Aglutinogen B Anti serum a Anti serum b Aglutinasi

Buat Peran

1.      Menjelaskan Golongan Darah AB

2.      Menjelaskan Uji Golongan Darah AB

3.      Menjelaskan proses transfusi darah AB ke A, Menjelaskan proses transfusi darah AB ke B, Menjelaskan proses transfusi darah AB ke O (kolaborasi dengan kelompok lain)


Golongan Darah O

Peran : Aglutinin a

Aglutinin b Anti serum a Anti serum b Non aglutinasi

Buat Peran

1.      Menjelaskan Golongan Darah O

2.      Menjelaskan Uji Golongan Darah O

3.      Menjelaskan proses transfusi darah O ke A, Menjelaskan proses transfusi darah O ke B, Menjelaskan proses transfusi darah O ke AB (kolaborasi dengan kelompok lain)

 

Golongan Darah Rh

Peran : Aglutinogen Rh + Aglutinogen Rh - Anti serum Rh Aglutinasi

Non aglutinasi

Buat Peran

1.      Menjelaskan Golongan Darah Rh

2.      Menjelaskan Uji Golongan Darah Rh

3.      Menjelaskan proses transfusi darah Rh + ke Rh – Menjelaskan proses transfuse darah dari Rh ke Rh + Kelainan pada golongan darah Rhesus

 

 

Golongan Darah AB

Peran : Aglutinogen A

Aglutinogen B Anti serum a Anti serum b Aglutinasi

Buat Peran

1.      Menjelaskan Golongan Darah AB

2.      Menjelaskan Uji Golongan Darah AB

3.      Menjelaskan proses transfusi darah AB ke A, Menjelaskan proses transfusi darah AB ke B, Menjelaskan proses transfusi darah AB ke O (kolaborasi dengan kelompok lain)



Asesmen Formatif

Kode Soal:

NPQ573360

Monday, January 13, 2025

Ciri, Bentuk, Cara Hidup dan Reproduksi Jamur



LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK KESEMBILAN

Nama Sekolah             : SMAS AL FITYAN MEDAN

Mata Pelajaran            : IPA - Biologi 

Fase/Kelas/ Semester  : E / 10 / 1 

Alokasi Waktu            : 3 x 45 menit

Materi                         : Pendahuluan Fungi dan Reproduksi Fungi

 

Tujuan Pembelajaran

1.      Peserta didik dapat menjelaskan Pendahuluan Fungi

2.      Peserta didik dapat mengindentifikasi reproduksi fungi

 

Sumber Pembelajaran

Pendahuluan Fungi

https://youtu.be/m89gF5oQ8Os





Reproduksi

https://youtu.be/NTEOLJBQLeo





Langkah Pembelajaran         

Pendahuluan

·         Guru memberikan salam dan berdoa bersama
·         Guru mengecek kehadiran peserta didik, mengkondisikan kelas dan pembiasaan

Apersepsi

·         Guru menanyakan kepada peserta didik tentang materi yang sudah dipelajari yang dikaitkan         dengan materi Pendahuluan Fungi dan Reproduksi Fungi

Pemberian Acuan

·         Guru menyampaikan tujuan pembelajaraan

        1.      Peserta didik dapat menjelaskan Pendahuluan Fungi

        2.      Peserta didik dapat mengindentifikasi reproduksi fungi

 

Kegiatan Inti

·         Guru membagikan soal kepada setiap murid, nantinya tiap murid akan mendapatkan soal yang berbeda. Berikut adalah soal yang akan dibagikan oleh Guru

1. Jelaskan perbedaan antar ketiga gambar di bawah ini! Dan beri contohnya 2 spesies yang mengalami perubahan tersebut!

 

2.      Apakah Jamur termasuk ke dalam Plantae (Tumbuhan). Kemukakan pendapat ilmiahmu!

3.      Jamur merupakan organisme autotrof atau heterotrof, beri penjelasan ilmiahmu!

 

·         Guru memberikan video pembelajaran

 Pendahuluan Fungi

https://youtu.be/m89gF5oQ8Os

Reproduksi Fungi

https://youtu.be/NTEOLJBQLeo

 

·         Peserta didik mengerjakan soal tersebut di kertas HVS.

·         Tiap murid saling bertukar info kepada 2 temen yang mengerjakan soal yang berbeda, sehingga tiap murid mengerjakan 3 soal di kertas HVS.

·         Perwakilan murid maju ke depan kelas untuk mempresentasikan jawaban nya

·         Guru memberikan penegasan terhadap materi hari ini

·         Guru dan murid bersama membuat Kesimpulan pembelajaran hari ini.

·         Guru memberikan asesmen formatif

 

 

 

 

 

 Penutup

Asesmen Formatif

Nilai = jumlah skor/ 100 x 100

·         Resume: Guru membimbing peserta didik membuat kesimpulan tentang Pendahuluan Fungi dan Reproduksi Fungi

·         Refleksi: Memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengrefleksi pembelajaran pada hari ini,supaya terjadi evaluasi dan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di pertemuan selanjutnya.

·         Guru memberikan contoh pembiasaan positif kesadaran terhadap pentingnya memahami Pendahuluan Fungi dan Reproduksi Fungi

·         Guru memberikan evaluasi kepada peserta didik

·         Guru menyampaikan rencana pembelajaran selanjutnya


Asesmen Formatif

Kode Soal:

HPC571923





Kriteria Ketuntasan Tujuan Pembelajaran Tipe Interval Nilai Interval Nilai

0 – 40%

Artinya belum mencapai KKTP, remedial di seluruh bagian 41 – 65%

Artinya belum mencapai ketuntasan, remedial dibagian yang diperlukan 66% - 85%

Artinya sudah mencapai ketuntasan tidak perlu remidi 86% - 100%

Artinya sudah mencapai ketuntasan, perlu pengayaan atau tantangan.

 


Alat Peredaran Darah


LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD)

Nama Sekolah                       : SMAIT Al Fityan Medan

Mata Pelajaran                       : Biologi Fase/Kelas/ Semester                                : F /11 / 1 Alokasi Waktu                                    : 3 x 45 menit

Materi                                     : Alat Peredaran Darah

 

Tujuan Pembelajaran

Siswa dapat menyebutkan Alat peredaran darah

 

Sumber Pembelajaran

Jantung (Alat peredaran darah)

https://youtu.be/9UFtcKr9vZs



Pembuluh Darah

https://youtu.be/IUSBeaJ61IE


Metode Pembelajaran : Pesan berantai materi Langkah Pembelajaran

·         Guru Memberikan referensi video pembelajaran Jantung (Alat peredaran darah)

https://youtu.be/9UFtcKr9vZs

Pembuluh Darah

https://youtu.be/IUSBeaJ61IE


·         Guru membagikan kertas yang berisi kata tentang alat peredaran darah untuk dikerjakan oleh setiap murid dengan melihat video pembelajaran yang sudah di share oleh Guru (terlampir)

·         Setiap murid mengerjakan dan menuliskan jawaban di belakang kertas soal tersebut sebanyak 1 kalimat.

·         Setelah selesai murid memasukkan kertas tersebut ke dalam amplop/ wadah yang sudah di siapkan

·         Buat kelompok sebanyak 5 murid untuk berkompetisi dengan metode pesan berantai tentang alat peredaran darah

·         Salah satu murid mengambil satu kertas di amplop kemudian dengan metode pesan berantai soal tersebut di estafetkan kepada temen di belakangnya.

·         Murid yang menerima pesan terakhir harus menuliskan pada kertas yang sudah disiapkan.

·         Setiap kelompok harus mengambil 5 soal kemudian dikumpulkan dan di cocokkan apakah sudah benar.

·         Kelompok dengan skor tertinggi sebagai juaranya


 

JANTUNG 01

JANTUNG 02

JANTUNG 03

JANTUNG 04

JANTUNG 05

RUANG JANTUNG 01

RUANG JANTUNG 02

RUANG JANTUNG 03

RUANG JANTUNG 04

KATUP

TRIKUSPIDALIUS

KATUP BIKUSPIDALIUS

DEFINISI PEMBULUH DARAH


 

VENA 06

FUNGSI PEMBULUH DARAH

MACAM PEMBULUH DARAH

ARTERI 01

ARTERI 02

ARTERI 03

ARTERI 04

ARTERI 05

ARTERI 06

VENA 01

VENA 02

VENA 03

VENA 04

VENA 05


Asesmen Formatif

Kode Soal:

WLX573358