Monday, January 13, 2025

Ciri, Bentuk, Cara Hidup dan Reproduksi Jamur



LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK KESEMBILAN

Nama Sekolah             : SMAS AL FITYAN MEDAN

Mata Pelajaran            : IPA - Biologi 

Fase/Kelas/ Semester  : E / 10 / 1 

Alokasi Waktu            : 3 x 45 menit

Materi                         : Pendahuluan Fungi dan Reproduksi Fungi

 

Tujuan Pembelajaran

1.      Peserta didik dapat menjelaskan Pendahuluan Fungi

2.      Peserta didik dapat mengindentifikasi reproduksi fungi

 

Sumber Pembelajaran

Pendahuluan Fungi

https://youtu.be/m89gF5oQ8Os





Reproduksi

https://youtu.be/NTEOLJBQLeo





Langkah Pembelajaran         

Pendahuluan

·         Guru memberikan salam dan berdoa bersama
·         Guru mengecek kehadiran peserta didik, mengkondisikan kelas dan pembiasaan

Apersepsi

·         Guru menanyakan kepada peserta didik tentang materi yang sudah dipelajari yang dikaitkan         dengan materi Pendahuluan Fungi dan Reproduksi Fungi

Pemberian Acuan

·         Guru menyampaikan tujuan pembelajaraan

        1.      Peserta didik dapat menjelaskan Pendahuluan Fungi

        2.      Peserta didik dapat mengindentifikasi reproduksi fungi

 

Kegiatan Inti

·         Guru membagikan soal kepada setiap murid, nantinya tiap murid akan mendapatkan soal yang berbeda. Berikut adalah soal yang akan dibagikan oleh Guru

1. Jelaskan perbedaan antar ketiga gambar di bawah ini! Dan beri contohnya 2 spesies yang mengalami perubahan tersebut!

 

2.      Apakah Jamur termasuk ke dalam Plantae (Tumbuhan). Kemukakan pendapat ilmiahmu!

3.      Jamur merupakan organisme autotrof atau heterotrof, beri penjelasan ilmiahmu!

 

·         Guru memberikan video pembelajaran

 Pendahuluan Fungi

https://youtu.be/m89gF5oQ8Os

Reproduksi Fungi

https://youtu.be/NTEOLJBQLeo

 

·         Peserta didik mengerjakan soal tersebut di kertas HVS.

·         Tiap murid saling bertukar info kepada 2 temen yang mengerjakan soal yang berbeda, sehingga tiap murid mengerjakan 3 soal di kertas HVS.

·         Perwakilan murid maju ke depan kelas untuk mempresentasikan jawaban nya

·         Guru memberikan penegasan terhadap materi hari ini

·         Guru dan murid bersama membuat Kesimpulan pembelajaran hari ini.

·         Guru memberikan asesmen formatif

 

 

 

 

 

 Penutup

Asesmen Formatif

Nilai = jumlah skor/ 100 x 100

·         Resume: Guru membimbing peserta didik membuat kesimpulan tentang Pendahuluan Fungi dan Reproduksi Fungi

·         Refleksi: Memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengrefleksi pembelajaran pada hari ini,supaya terjadi evaluasi dan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di pertemuan selanjutnya.

·         Guru memberikan contoh pembiasaan positif kesadaran terhadap pentingnya memahami Pendahuluan Fungi dan Reproduksi Fungi

·         Guru memberikan evaluasi kepada peserta didik

·         Guru menyampaikan rencana pembelajaran selanjutnya


Asesmen Formatif

Kode Soal:

HPC571923





Kriteria Ketuntasan Tujuan Pembelajaran Tipe Interval Nilai Interval Nilai

0 – 40%

Artinya belum mencapai KKTP, remedial di seluruh bagian 41 – 65%

Artinya belum mencapai ketuntasan, remedial dibagian yang diperlukan 66% - 85%

Artinya sudah mencapai ketuntasan tidak perlu remidi 86% - 100%

Artinya sudah mencapai ketuntasan, perlu pengayaan atau tantangan.

 


0 comments:

Post a Comment