LEMBAR KERJA
PESERTA DIDIK KESEMBILAN
Nama Sekolah : SMAS AL FITYAN MEDAN
Mata Pelajaran : IPA - Biologi
Fase/Kelas/ Semester : E / 10 / 1
Alokasi Waktu :
3 x 45 menit
Materi : Pendahuluan Fungi dan Reproduksi Fungi
Tujuan Pembelajaran
1.
Peserta didik dapat menjelaskan Pendahuluan Fungi
2.
Peserta didik dapat mengindentifikasi reproduksi fungi
Sumber Pembelajaran
Pendahuluan Fungi
Reproduksi
https://youtu.be/NTEOLJBQLeo
Langkah Pembelajaran
Pendahuluan
Apersepsi
· Guru menanyakan kepada peserta didik tentang materi yang sudah dipelajari yang dikaitkan dengan materi Pendahuluan Fungi dan Reproduksi Fungi
Pemberian Acuan
· Guru menyampaikan tujuan pembelajaraan
1. Peserta didik dapat menjelaskan Pendahuluan Fungi
2. Peserta didik dapat mengindentifikasi reproduksi fungi
Kegiatan Inti
· Guru membagikan soal kepada setiap murid, nantinya tiap murid akan mendapatkan soal yang berbeda. Berikut adalah soal yang akan dibagikan oleh Guru
1. Jelaskan
perbedaan antar ketiga
gambar di bawah ini! Dan beri contohnya 2 spesies yang mengalami perubahan tersebut!
2. Apakah Jamur termasuk ke dalam Plantae (Tumbuhan). Kemukakan pendapat ilmiahmu!
3.
Jamur merupakan organisme autotrof atau heterotrof, beri penjelasan ilmiahmu!
·
Guru memberikan video pembelajaran
Reproduksi Fungi
·
Peserta didik mengerjakan soal tersebut di kertas HVS.
·
Tiap murid saling bertukar
info kepada 2 temen yang mengerjakan soal yang
berbeda, sehingga tiap murid mengerjakan 3 soal di kertas HVS.
·
Perwakilan murid maju ke depan kelas untuk mempresentasikan jawaban
nya
·
Guru memberikan penegasan
terhadap materi hari ini
·
Guru dan murid bersama
membuat Kesimpulan pembelajaran hari ini.
·
Guru memberikan asesmen formatif
Asesmen Formatif
Nilai = jumlah skor/ 100 x 100
· Resume: Guru membimbing peserta didik membuat kesimpulan tentang Pendahuluan Fungi dan Reproduksi Fungi
· Refleksi: Memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengrefleksi pembelajaran pada hari ini,supaya terjadi evaluasi dan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di pertemuan selanjutnya.
· Guru memberikan contoh pembiasaan positif kesadaran terhadap pentingnya memahami Pendahuluan Fungi dan Reproduksi Fungi
·
Guru memberikan evaluasi kepada peserta didik
· Guru menyampaikan rencana pembelajaran selanjutnya
Asesmen Formatif
HPC571923
Kriteria Ketuntasan Tujuan Pembelajaran Tipe Interval Nilai Interval Nilai
0 – 40%
Artinya belum mencapai KKTP, remedial di seluruh bagian 41 – 65%
Artinya belum mencapai ketuntasan, remedial dibagian yang diperlukan
66% - 85%
Artinya sudah mencapai ketuntasan tidak perlu remidi 86% - 100%
Artinya sudah mencapai ketuntasan, perlu pengayaan atau tantangan.
0 comments:
Post a Comment