Wednesday, January 29, 2025

Klasifikasi Jamur Ascomycota dan Basidiomycota




LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK KESEMBILAN

Nama Sekolah             : SMAIT Al Fityan Medan
Mata Pelajaran            : IPA - Biologi
Fase/Kelas/ Semester  : E / 10 / 1
Alokasi Waktu             : 3 x 45 menit
Materi                          : Ascomycota dan Basidiomycota
 
Tujuan Pembelajaran
1)     Peserta didik dapat menerangkan Ascomycota
2)     Peserta didik dapat menerangkan Basidiomycota
 
Sumber Pembelajaran
Ascomycota
https://youtu.be/AkNBiU0yJj4
Langkah Pembelajaran

Pendahuluan
·         Guru memberikan salam dan berdoa bersama
·         Guru mengecek kehadiran peserta didik, mengkondisikan kelas dan pembiasaan
Apersepsi
·         Guru menanyakan kepada peserta didik tentang materi yang sudah dipelajari yang dikaitkan dengan materi Ascomycota dan Basidiomycota
Pemberian Acuan
·         Guru menyampaikan tujuan pembelajaraan
1.      Peserta didik dapat menerangkan Ascomycota
2.      Peserta didik dapat menerangkan Basidiomycota
 
Kegiatan Inti
·         Pada pertemuan sebelum nya Guru memberikan video pembelajaran yang harus disimak oleh semua murid
·         Setiap murid membawa 1 jamur contoh dari jamur Ascomycota dan Basidiomycota, dalam satu bangku ada yang membawa 1 contoh jamur Ascomycota dan 1 contoh jamur Basidiomycota, bila tidak mendapatkan jamur asli diperbolehkan menggunakan gambar yang di print out.

Ascomycota
·         Setiap murid mengamati jamur yang dibawa dan mencocokkan dengan ciri yang ada di video pembelajaran.
·         Setiap murid membuat deskripsi tentang jamur yang dibawa
·         Murid bangku sebelah kanan dan kiri saling membagikan informasi tentang ciri jamur yang diamati.
·         Perwakilan murid secara bergantian menuliskan ciri dari jamur Ascomycota dan Basidiomycota
·         Guru memberikan penjelasan tentang perbedaan kedua jamur Ascomycota dan Basidiomycota.
·         Setiap murid diminta untuk menghafal ciri- ciri Jamur Ascomycota dan Basidiomycota
·         Guru mengadakan game estafet materi jamur Ascomycota dan Basidiomycota.
·         Guru memberikan asesmen formatif

Penutup
·         Resume: Guru membimbing peserta didik membuat kesimpulan tentang Ascomycota dan Basidiomycota
·         Refleksi: Memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengrefleksi pembelajaran pada hari ini,supaya terjadi evaluasi dan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di pertemuan selanjutnya.
·         Guru memberikan contoh pembiasaan positif kesadaran terhadap pentingnya memahami Ascomycota dan Basidiomycota
·         Guru memberikan evaluasi kepada peserta didik
·         Guru menyampaikan rencana pembelajaran selanjutnya

Asesmen Formatif
Kode Soal:

FHL571903

 
Nilai = jumlah skor/ 100 x 100
Kriteria Ketuntasan Tujuan Pembelajaran Tipe Interval Nilai Interval Nilai
0 – 40%
Artinya belum mencapai KKTP, remedial di seluruh bagian 41 – 65%
Artinya belum mencapai ketuntasan, remedial dibagian yang diperlukan 66% - 85%
Artinya sudah mencapai ketuntasan tidak perlu remidi 86% - 100%
Artinya sudah mencapai ketuntasan, perlu pengayaan atau tantangan.




0 comments:

Post a Comment