Nama Sekolah : SMAIT Al Fityan MedanMata Pelajaran : IPA - BiologiFase/Kelas/ Semester : E / 10 / 1Alokasi Waktu : 3 x 45 menitMateri : Ascomycota dan Basidiomycota
1) Peserta didik dapat menerangkan Ascomycota
Ascomycota
https://youtu.be/AkNBiU0yJj4
Langkah Pembelajaran
Pendahuluan
· Guru memberikan salam dan berdoa bersama
· Guru mengecek kehadiran peserta didik, mengkondisikan kelas dan pembiasaan
Apersepsi
· Guru menanyakan kepada peserta didik tentang materi yang sudah dipelajari yang dikaitkan dengan materi Ascomycota dan Basidiomycota
Pemberian Acuan
· Guru menyampaikan tujuan pembelajaraan
1. Peserta didik dapat menerangkan Ascomycota
2. Peserta didik dapat menerangkan Basidiomycota
Kegiatan Inti
· Pada pertemuan sebelum nya Guru memberikan video pembelajaran yang harus disimak oleh semua murid
· Setiap murid membawa 1 jamur contoh dari jamur Ascomycota dan Basidiomycota, dalam satu bangku ada yang membawa 1 contoh jamur Ascomycota dan 1 contoh jamur Basidiomycota, bila tidak mendapatkan jamur asli diperbolehkan menggunakan gambar yang di print out.
· Guru memberikan salam dan berdoa bersama
· Guru mengecek kehadiran peserta didik, mengkondisikan kelas dan pembiasaan
Apersepsi
· Guru menanyakan kepada peserta didik tentang materi yang sudah dipelajari yang dikaitkan dengan materi Ascomycota dan Basidiomycota
Pemberian Acuan
· Guru menyampaikan tujuan pembelajaraan
1. Peserta didik dapat menerangkan Ascomycota
2. Peserta didik dapat menerangkan Basidiomycota
Kegiatan Inti
· Pada pertemuan sebelum nya Guru memberikan video pembelajaran yang harus disimak oleh semua murid
· Setiap murid membawa 1 jamur contoh dari jamur Ascomycota dan Basidiomycota, dalam satu bangku ada yang membawa 1 contoh jamur Ascomycota dan 1 contoh jamur Basidiomycota, bila tidak mendapatkan jamur asli diperbolehkan menggunakan gambar yang di print out.
Ascomycota
·
Setiap murid mengamati jamur
yang dibawa dan mencocokkan dengan ciri yang ada di video pembelajaran.
· Setiap murid membuat deskripsi tentang jamur yang dibawa
· Murid bangku sebelah kanan dan kiri saling membagikan informasi tentang ciri jamur yang diamati.
· Perwakilan murid secara bergantian menuliskan ciri dari jamur Ascomycota dan Basidiomycota
· Guru memberikan penjelasan tentang perbedaan kedua jamur Ascomycota dan Basidiomycota.
· Setiap murid diminta untuk menghafal ciri- ciri Jamur Ascomycota dan Basidiomycota
· Guru mengadakan game estafet materi jamur Ascomycota dan Basidiomycota.
· Guru memberikan asesmen formatif
· Setiap murid membuat deskripsi tentang jamur yang dibawa
· Murid bangku sebelah kanan dan kiri saling membagikan informasi tentang ciri jamur yang diamati.
· Perwakilan murid secara bergantian menuliskan ciri dari jamur Ascomycota dan Basidiomycota
· Guru memberikan penjelasan tentang perbedaan kedua jamur Ascomycota dan Basidiomycota.
· Setiap murid diminta untuk menghafal ciri- ciri Jamur Ascomycota dan Basidiomycota
· Guru mengadakan game estafet materi jamur Ascomycota dan Basidiomycota.
· Guru memberikan asesmen formatif
Penutup
· Resume: Guru membimbing peserta didik membuat kesimpulan tentang Ascomycota dan Basidiomycota
· Refleksi: Memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengrefleksi pembelajaran pada hari ini,supaya terjadi evaluasi dan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di pertemuan selanjutnya.
· Guru memberikan contoh pembiasaan positif kesadaran terhadap pentingnya memahami Ascomycota dan Basidiomycota
· Guru memberikan evaluasi kepada peserta didik
· Guru menyampaikan rencana pembelajaran selanjutnya
· Resume: Guru membimbing peserta didik membuat kesimpulan tentang Ascomycota dan Basidiomycota
· Refleksi: Memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengrefleksi pembelajaran pada hari ini,supaya terjadi evaluasi dan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di pertemuan selanjutnya.
· Guru memberikan contoh pembiasaan positif kesadaran terhadap pentingnya memahami Ascomycota dan Basidiomycota
· Guru memberikan evaluasi kepada peserta didik
· Guru menyampaikan rencana pembelajaran selanjutnya
Asesmen Formatif
Kode Soal:
Nilai = jumlah skor/ 100 x 100
Kriteria Ketuntasan Tujuan Pembelajaran Tipe Interval Nilai Interval Nilai
0 – 40%
Artinya belum mencapai KKTP, remedial di seluruh bagian 41 – 65%
Artinya belum mencapai ketuntasan, remedial dibagian yang diperlukan 66% - 85%
Artinya sudah mencapai ketuntasan tidak perlu remidi 86% - 100%
Artinya sudah mencapai ketuntasan, perlu pengayaan atau tantangan.
FHL571903
Nilai = jumlah skor/ 100 x 100
Kriteria Ketuntasan Tujuan Pembelajaran Tipe Interval Nilai Interval Nilai
0 – 40%
Artinya belum mencapai KKTP, remedial di seluruh bagian 41 – 65%
Artinya belum mencapai ketuntasan, remedial dibagian yang diperlukan 66% - 85%
Artinya sudah mencapai ketuntasan tidak perlu remidi 86% - 100%
Artinya sudah mencapai ketuntasan, perlu pengayaan atau tantangan.
0 comments:
Post a Comment