Monday, January 20, 2025

Klasifikasi Jamur Zygomycota dan Deuteromycota


 
LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK KESEMBILAN

Nama Sekolah             : SMAIT Al Fityan Medan
Mata Pelajaran           : IPA - Biologi 
Fase/Kelas/ Semester : E / 10 / 1 
Alokasi Waktu            : 2 x 45 menit
Materi                         : Zygomycota dan Deuteromycota
 
Tujuan Pembelajaran
1)     Peserta didik dapat memahami Zygomycota
2)     Peserta didik dapat memahami Deuteromycota
 
Sumber Pembelajaran
Zygomycota dan Deuteromycota
https://youtu.be/8-Lh037chRM





Langkah Pembelajaran
Pendahuluan
·         Guru memberikan salam dan berdoa bersama
·         Guru mengecek kehadiran peserta didik, mengkondisikan kelas dan pembiasaan
Apersepsi
·         Guru menanyakan kepada peserta didik tentang materi yang sudah dipelajari yang dikaitkan dengan materi Zygomycota dan Deuteromycota
Pemberian Acuan
·         Guru menyampaikan tujuan pembelajaraan
·         Peserta didik dapat memahami Zygomycota
·         Peserta didik dapat memahami Deuteromycota
 
Kegiatan Inti
·         Guru memberikan link video pembelajaran
Zygomycota dan Deuteromycota
https://youtu.be/8-Lh037chRM
·         Murid yang duduk di bangku sebelah kanan membuat rangkuman deskripsi Jamur Zygomycota
·         Murid yang duduk di bangku sebelah kiri membuat rangkuman deskripsi Jamur Deuteromycota
·         Pada tahap Tonton : murid meyimak video pembelajaran sesuai dengan bagiannya
·         Pada bagian Tulis : Setiap murid menuliskan deskripsi atau rangkuman sesuai dengan bagiannya
·         Pada bagian Bagikan : antar murid dalam satu meja saling membagikan informasi, jadi antara murid bangku kanan dan kiri.
·         Perwakilan Murid menuliskan ciri dari Jamur Zygomycota dan Deuteromycota
·         Guru memberikan penguatan materi hari ini
·         Guru memberikan asesmen formatif

Penutup
·         Resume: Guru membimbing peserta didik membuat kesimpulan tentang Zygomycota dan Deuteromycota
·         Refleksi: Memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengrefleksi pembelajaran pada hari ini,supaya terjadi evaluasi dan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di pertemuan selanjutnya.
·         Guru memberikan contoh pembiasaan positif kesadaran terhadap pentingnya memahami Zygomycota dan Deuteromycota
·         Guru memberikan evaluasi kepada peserta didik
·         Guru menyampaikan rencana pembelajaran selanjutnya

Asesmen Formatif
Kode Soal:

CAX571915



Nilai = jumlah skor/ 100 x 100
Kriteria Ketuntasan Tujuan Pembelajaran Tipe Interval Nilai Interval Nilai
0 – 40%
Artinya belum mencapai KKTP, remedial di seluruh bagian 41 – 65%
Artinya belum mencapai ketuntasan, remedial dibagian yang diperlukan 66% - 85%
Artinya sudah mencapai ketuntasan tidak perlu remidi 86% - 100%
Artinya sudah mencapai ketuntasan, perlu pengayaan atau tantangan.


0 comments:

Post a Comment