Menurut pendapat kalian gambar diatas termasuk sel hewan atau sel tumbuhan? Sebutkan organel dan fungsi nya yang ada pada gambar tersebut sesuai dengan nomor yang tersedia pada gambar!
Kelas X E-2
Bersama Wali Kelas
Biologi
Ilmu yang Mempelajari tentang Makhluk Hidup.
Kegiatan Belajar
Semangat Belajar.
Ifthar Jama'i
Buka Puasa Bersama bulan Ramadhan tahun 2022
Class Meeting
Kelas XI MIA 1 Juara Umum Class Meeting Semester Genap Tahun Ajaran 2021/2022
Monday, August 5, 2024
Perbedaan Sel Hewan dan Sel Tumbuhan
Menurut pendapat kalian gambar diatas termasuk sel hewan atau sel tumbuhan? Sebutkan organel dan fungsi nya yang ada pada gambar tersebut sesuai dengan nomor yang tersedia pada gambar!
Wednesday, July 31, 2024
Manfaat, Dasar Klasifikasi Makhluk Hidup
LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK KELIMA
Nama Sekolah : SMAIT ALFITYAN MEDAN
Mata Pelajaran : IPA - Biologi
Fase/Kelas/ Semester : E/10 / 1
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
Materi : Manfaat, Dasar Klasifikasi Makhluk Hidup
Tujuan Pembelajaran
1. Asesmen Diagnostik materi Klasifikasi Makhluk Hidup
2. Manfaat dan dasar Klasifikasi Makhluk Hidup
Sumber Pembelajaran
Video Manfaat dan dasar Klasifikasi Makhluk Hidup
Metode Pembelajaran : Zigsaw dan Game Estafet Langkah Pembelajaran
Pendahuluan
• Guru memberikan salam dan berdoa bersama
• Guru mengecek kehadiran peserta didik, mengkondisikan kelas dan pembiasaan
Apersepsi
Guru menanyakan kepada peserta didik tentang materi yang sudah dipelajari yang dikaitkan dengan materi Manfaat dan dasar Klasifikasi Makhluk Hidup
Guru mengadakan asesmen diagnostik tentang Klasifikasi Makhluk Hidup (Asesmen diagnostik terlampir)
Pemberian Acuan
• Guru menyampaikan tujuan pembelajaraan
Peserta didik dapat mengindentifikasikan manfaat dan dasar Klasifikasi Makhluk Hidup
Kegiatan Inti
1. Guru membagi kelas menjadi 6 kelompok ahli
2. Setiap kelompok membuat rangkuman presentasi sesuai dengan materi masing-masing Kelompok 1 : Klasifikasi Makhluk Hidup
Kelompok 2 : Manfaat klasifikasi
Kelompok 3 : Dasar Klasifikasi Sistem Alami Kelompok 4 : Dasar klasifikasi Sistem Artifisal (buatan) Kelompok 5 : Dasar klasifikasi Sistem Filogenetik Kelompok 6 : Dasar klasifikasi sistem modern
3. Guru memberikan video pembelajaran yang wajib menjadi referensi dalam membuat rangkuman materi
Video Manfaat dan dasar Klasifikasi Makhluk Hidup https://youtu.be/IUS8N5kP7WQ
4. Peserta didik berdiskusi dalam kelompok ahli
5. Peserta didik berbaris sesuai dengan kelompoknya, dan akan membuat kelompok baru yang merupakan gabungan dari ahli 1,2,3,4,5, dan 6.
6. Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi pada kelompok ahli di kelompok baru masing-masing dalam kelompok.
7. Sehingga semua murid paham dengan materi dari kelompok ahli 1,2,3,4,5 dan 6
8. Guru memberikan asesmen formatif
Penutup
Resume: Guru membimbing peserta didik membuat kesimpulan tentang Manfaat dan dasar Klasifikasi Makhluk Hidup
• Refleksi: Memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengrefleksi pembelajaran pada hari ini,supaya terjadi evaluasi dan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di pertemuan selanjutnya.
Guru memberikan contoh pembiasaan positif kesadaran terhadap pentingnya memahami Manfaat dan dasar Klasifikasi Makhluk Hidup
• Guru memberikan evaluasi kepada peserta didik
Guru menyampaikan rencana pembelajaran selanjutnya
Asesmen Formatif
1. Sebutkan 4 dasar klasifikasi Makhluk hidup ! (skor 100)
Nilai = jumlah skor/ 100 x 100 Kriteria Ketuntasan Tujuan Pembelajaran Tipe Interval Nilai
Interval Nilai
0 – 40%
Artinya belum mencapai KKTP, remedial di seluruh bagian 41 – 65%
Artinya belum mencapai ketuntasan, remedial dibagian yang diperlukan 66% - 85%
Artinya sudah mencapai ketuntasan tidak perlu remidi 86% - 100%
Artinya sudah mencapai ketuntasan, perlu pengayaan atau tantangan.
Tuesday, July 30, 2024
Praktikum Pembuatan Model Sel Hewan dan Sel Tumbuhan dari Bahan makanan Fase F Kelas 11
A. Tujuan : Membuat model Sel Hewan dan Sel Tumbuhan dengan menggunakan bahan makanan.
B. Alat dan Bahan : Bahan makanan yang disesuaikan dengan desain yang sudah di diskusikan.
C. Langkah Kerja
1. Kelas dibagi menjadi 6 kelompok, 3 kelompok membuat sel hewan, dan 3 kelompok lainnya membuat model sel tumbuhan.2. Peserta didik menyiapkan bahan makanan yang siap dimakan untuk nantinya di tata menjadi bentuk sel hewan atau sel tumbuhan.3. Setiap sel diberi keterangan organel dengan menggunakan tusuk gigi dan kertas.4. Presentasi tiap kelompok5. Setiap Kelompok memberikan nilai terhadap kelompok yang presentasi.6. Guru memberikan penguatan tiap kelompok yang tampil.
Perbedaan Sel Prokariotik dan Eukariotik dan Komponen Sel
Mata Pelajaran : Biologi
Fase/Kelas/ Semester : F /11 / 1
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
Materi : Perbedaan sel prokariotik dan eukariotik serta komponen sel
Siswa dapat mendeskripsikan Perbedaan Sel Prokariotik dan Eukariotik, Komponen Kimiawi Sel
Perbedaan Sel Prokariotik dan Eukariotik, Komponen Kimiawi Sel
Langkah Pembelajaran
Metode TTB (Tonton- Tulis – Bagikan)
1. Guru membagikan link video pembelajaran yang harus di simak oleh semua peserta didik (Tahap Tonton)
Perbedaan Sel Prokariotik dan Eukariotik, Komponen Kimiawi Sel
Kolom kanan diberi soal sel prokariotik, sedangkan kolom kiri diberi soal sel eukariotik. Dengan hitungan secara estafet tiap murid dalam satu kolom hanya menuliskan satu ciri dari sel prokariotik atau sel eukariotik (sesuai soal)
Tes Formatif
Berdasarkan
gambar diatas, coba kalian sebutkan 3 perbedaan antara gambar sel prokariotik dan sel eukariotik !
2.
Menurut pendapat
kalian apa hal yang mendasari
perbedaan sel prokariotik dan sel eukariotik ! (jelaskan dengan
ilmiah !)