LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD)
Nama Sekolah : SMA AlFityan Medan
Mata Pelajaran : Biologi
Fase/Kelas/ Semester : F /11 / 1
Alokasi Waktu: 3 x 45 menit
Materi : Rangka Manusia
Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat mendeskripsikan Fungsi, Struktur, Bentuk tulang dan osifikasi
2. Siswa dapat menyebutkan Macam-macam rangka manusia
Sumber Pembelajaran
Osifikasi (Pemebentukan tulang)
Langkah Pembelajaran
• Guru memberikan referensi video dan diminta setiap murid dalam kelompok membuat menuliskan hal yang disukai dari isi video tersebut
Fungsi Rangka Manusia
Struktur dan Bentuk Tulang
Osifikasi (Pembentukan tulang)
• Guru membagi kelas menjadi 6 kelompok, masing- masing kelompok diberi gambar kerangka yang berbeda
Kelompok 1 : Kerangka tengkorak dan muka
Kelompok 2 : Kerangka tulang dada dan rusuk
Kelompok 3 : Tulang belakang
Kelompok 4 : Gelang bahu dan gelang panggul
Kelompok 5 : Alat gerak atas
Kelompok 6 : Alat gerak bawah
Guru memberikan referensi video berikut ini
Rangka Aksial Manusia
Rangka Apendikuler Manusia
• Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi dan harus bisa membuat murid kelompok lain dapat mengikuti dan menghafalkan.
• Kelompok audiens harus bisa menghafal nama tulang yang sudah dipresentasikan oleh kelompok penyaji.
• Semua peserta didik memghafal nama- nama kerangka
• Diadakan post tes tentang kerangka manusia.
Berikut adalah soal Gambar Kerangka Mahluk Hidup Selesaikan keterangan Gambar di bawah ini!
Rangka Aksial
1. Tengkorak dan Muka
2. Tulang dada dan rusuk
3. Tulang belakang
4. Rangka Apendikuler Gelang bahu
Gelang panggul
5. Alat gerak atas
6. Alat Gerak bawah
Asesmen Formatif
Dengan cara Guru menunjukkan letak tulang pada tubuhnya, setiap murid menjawab dengan menuliskan jawaban pada selembar kertas
Kunci Jawaban
1. Tulang dahi
2. Tulang hidung
3. Tulang parietal (ubun- ubun)
4. Tulang humerus
5. Tulang belikat
6. Tulang selangka
7. Tulang kering
8. Tulang pengumpil
9. Tulang rusuk sejati (soal : tulang rusuk bagian depan menempel pafda tulang dada dan bagian belakang menempel pada tulang punggung)
10. Tulang pergelangan tangan
Kriteria Ketuntassan Tujuan Pembelajaran Tipe Interval Nilai
Tujuan Pembelajaran :
Siswa dapat menyebutkan Macam-macam rangka manusia
Interval Nilai
0 – 40%
Artinya belum mencapai KKTP, remedial di seluruh bagian 41 – 65%
Artinya belum mencapai ketuntasan, remedial dibagian yang diperlukan 66% - 85%
Artinya sudah mencapai ketuntasan tidak perlu remidi 86% - 100%
Artinya sudah mencapai ketuntasan, perlu pengayaan atau tantangan.
0 comments:
Post a Comment