Monday, October 21, 2024

RANGKA MANUSIA

LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD)

Nama Sekolah  : SMA AlFityan Medan

Mata Pelajaran : Biologi 

Fase/Kelas/ Semester : F /11 / 1 

Alokasi Waktu: 3 x 45 menit

Materi : Rangka Manusia


Tujuan Pembelajaran

1. Siswa dapat mendeskripsikan Fungsi, Struktur, Bentuk tulang dan osifikasi

2. Siswa dapat menyebutkan Macam-macam rangka manusia


Sumber Pembelajaran 

Fungsi Rangka Manusia 

Struktur dan Bentuk Tulang 

Osifikasi (Pemebentukan tulang) 

Rangka Aksial Manusia 

Rangka Apendikuler Manusia


Langkah Pembelajaran

Guru memberikan referensi video dan diminta setiap murid dalam kelompok membuat menuliskan hal yang disukai dari isi video tersebut

Fungsi Rangka Manusia


Struktur dan Bentuk Tulang 


Osifikasi (Pembentukan tulang) 



Guru membagi kelas menjadi 6 kelompok, masing- masing kelompok diberi gambar kerangka yang berbeda

Kelompok 1 : Kerangka tengkorak dan muka 

Kelompok 2 : Kerangka tulang dada dan rusuk 

Kelompok 3 : Tulang belakang

Kelompok 4 : Gelang bahu dan gelang panggul 

Kelompok 5 : Alat gerak atas

Kelompok 6 : Alat gerak bawah

Guru memberikan referensi video berikut ini 

Rangka Aksial Manusia 


Rangka Apendikuler Manusia


Masing-masing kelompok mengisi atau melengkapi gambar kerangka yang diberikan

 • Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi dan harus bisa membuat murid kelompok lain dapat mengikuti dan menghafalkan.

Kelompok audiens harus bisa menghafal nama tulang yang sudah dipresentasikan oleh kelompok penyaji.

Semua peserta didik memghafal nama- nama kerangka

Diadakan post tes tentang kerangka manusia.

Berikut adalah soal Gambar Kerangka Mahluk Hidup Selesaikan keterangan Gambar di bawah ini!


Rangka Aksial

1. Tengkorak dan Muka

2. Tulang dada dan rusuk

3. Tulang belakang

4. Rangka Apendikuler Gelang bahu

Gelang panggul

5. Alat gerak atas

 6. Alat Gerak bawah



Asesmen Formatif

Dengan cara Guru menunjukkan letak tulang pada tubuhnya, setiap murid menjawab dengan menuliskan jawaban pada selembar kertas

Kunci Jawaban

1. Tulang dahi

2. Tulang hidung

3. Tulang parietal (ubun- ubun)

4. Tulang humerus

5. Tulang belikat

6. Tulang selangka

7. Tulang kering

8. Tulang pengumpil

9. Tulang rusuk sejati (soal : tulang rusuk bagian depan menempel pafda tulang dada dan bagian belakang menempel pada tulang punggung)

10. Tulang pergelangan tangan

 

Kriteria Ketuntassan Tujuan Pembelajaran Tipe Interval Nilai

Tujuan Pembelajaran :

Siswa dapat menyebutkan Macam-macam rangka manusia


Interval Nilai

0 – 40%

Artinya belum mencapai KKTP, remedial di seluruh bagian 41 – 65%

Artinya belum mencapai ketuntasan, remedial dibagian yang diperlukan 66% - 85%

Artinya sudah mencapai ketuntasan tidak perlu remidi 86% - 100%

Artinya sudah mencapai ketuntasan, perlu pengayaan atau tantangan.


0 comments:

Post a Comment