Kelas X E-2

Bersama Wali Kelas

Biologi

Ilmu yang Mempelajari tentang Makhluk Hidup.

Kegiatan Belajar

Semangat Belajar.

Ifthar Jama'i

Buka Puasa Bersama bulan Ramadhan tahun 2022

Class Meeting

Kelas XI MIA 1 Juara Umum Class Meeting Semester Genap Tahun Ajaran 2021/2022

Monday, January 13, 2025

Ciri, Bentuk, Cara Hidup dan Reproduksi Jamur



LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK KESEMBILAN

Nama Sekolah             : SMAS AL FITYAN MEDAN

Mata Pelajaran            : IPA - Biologi 

Fase/Kelas/ Semester  : E / 10 / 1 

Alokasi Waktu            : 3 x 45 menit

Materi                         : Pendahuluan Fungi dan Reproduksi Fungi

 

Tujuan Pembelajaran

1.      Peserta didik dapat menjelaskan Pendahuluan Fungi

2.      Peserta didik dapat mengindentifikasi reproduksi fungi

 

Sumber Pembelajaran

Pendahuluan Fungi

https://youtu.be/m89gF5oQ8Os





Reproduksi

https://youtu.be/NTEOLJBQLeo





Langkah Pembelajaran         

Pendahuluan

·         Guru memberikan salam dan berdoa bersama
·         Guru mengecek kehadiran peserta didik, mengkondisikan kelas dan pembiasaan

Apersepsi

·         Guru menanyakan kepada peserta didik tentang materi yang sudah dipelajari yang dikaitkan         dengan materi Pendahuluan Fungi dan Reproduksi Fungi

Pemberian Acuan

·         Guru menyampaikan tujuan pembelajaraan

        1.      Peserta didik dapat menjelaskan Pendahuluan Fungi

        2.      Peserta didik dapat mengindentifikasi reproduksi fungi

 

Kegiatan Inti

·         Guru membagikan soal kepada setiap murid, nantinya tiap murid akan mendapatkan soal yang berbeda. Berikut adalah soal yang akan dibagikan oleh Guru

1. Jelaskan perbedaan antar ketiga gambar di bawah ini! Dan beri contohnya 2 spesies yang mengalami perubahan tersebut!

 

2.      Apakah Jamur termasuk ke dalam Plantae (Tumbuhan). Kemukakan pendapat ilmiahmu!

3.      Jamur merupakan organisme autotrof atau heterotrof, beri penjelasan ilmiahmu!

 

·         Guru memberikan video pembelajaran

 Pendahuluan Fungi

https://youtu.be/m89gF5oQ8Os

Reproduksi Fungi

https://youtu.be/NTEOLJBQLeo

 

·         Peserta didik mengerjakan soal tersebut di kertas HVS.

·         Tiap murid saling bertukar info kepada 2 temen yang mengerjakan soal yang berbeda, sehingga tiap murid mengerjakan 3 soal di kertas HVS.

·         Perwakilan murid maju ke depan kelas untuk mempresentasikan jawaban nya

·         Guru memberikan penegasan terhadap materi hari ini

·         Guru dan murid bersama membuat Kesimpulan pembelajaran hari ini.

·         Guru memberikan asesmen formatif

 

 

 

 

 

 Penutup

Asesmen Formatif

Nilai = jumlah skor/ 100 x 100

·         Resume: Guru membimbing peserta didik membuat kesimpulan tentang Pendahuluan Fungi dan Reproduksi Fungi

·         Refleksi: Memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengrefleksi pembelajaran pada hari ini,supaya terjadi evaluasi dan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di pertemuan selanjutnya.

·         Guru memberikan contoh pembiasaan positif kesadaran terhadap pentingnya memahami Pendahuluan Fungi dan Reproduksi Fungi

·         Guru memberikan evaluasi kepada peserta didik

·         Guru menyampaikan rencana pembelajaran selanjutnya


Asesmen Formatif

Kode Soal:

HPC571923





Kriteria Ketuntasan Tujuan Pembelajaran Tipe Interval Nilai Interval Nilai

0 – 40%

Artinya belum mencapai KKTP, remedial di seluruh bagian 41 – 65%

Artinya belum mencapai ketuntasan, remedial dibagian yang diperlukan 66% - 85%

Artinya sudah mencapai ketuntasan tidak perlu remidi 86% - 100%

Artinya sudah mencapai ketuntasan, perlu pengayaan atau tantangan.

 


Alat Peredaran Darah


LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD)

Nama Sekolah                       : SMAIT Al Fityan Medan

Mata Pelajaran                       : Biologi Fase/Kelas/ Semester                                : F /11 / 1 Alokasi Waktu                                    : 3 x 45 menit

Materi                                     : Alat Peredaran Darah

 

Tujuan Pembelajaran

Siswa dapat menyebutkan Alat peredaran darah

 

Sumber Pembelajaran

Jantung (Alat peredaran darah)

https://youtu.be/9UFtcKr9vZs



Pembuluh Darah

https://youtu.be/IUSBeaJ61IE


Metode Pembelajaran : Pesan berantai materi Langkah Pembelajaran

·         Guru Memberikan referensi video pembelajaran Jantung (Alat peredaran darah)

https://youtu.be/9UFtcKr9vZs

Pembuluh Darah

https://youtu.be/IUSBeaJ61IE


·         Guru membagikan kertas yang berisi kata tentang alat peredaran darah untuk dikerjakan oleh setiap murid dengan melihat video pembelajaran yang sudah di share oleh Guru (terlampir)

·         Setiap murid mengerjakan dan menuliskan jawaban di belakang kertas soal tersebut sebanyak 1 kalimat.

·         Setelah selesai murid memasukkan kertas tersebut ke dalam amplop/ wadah yang sudah di siapkan

·         Buat kelompok sebanyak 5 murid untuk berkompetisi dengan metode pesan berantai tentang alat peredaran darah

·         Salah satu murid mengambil satu kertas di amplop kemudian dengan metode pesan berantai soal tersebut di estafetkan kepada temen di belakangnya.

·         Murid yang menerima pesan terakhir harus menuliskan pada kertas yang sudah disiapkan.

·         Setiap kelompok harus mengambil 5 soal kemudian dikumpulkan dan di cocokkan apakah sudah benar.

·         Kelompok dengan skor tertinggi sebagai juaranya


 

JANTUNG 01

JANTUNG 02

JANTUNG 03

JANTUNG 04

JANTUNG 05

RUANG JANTUNG 01

RUANG JANTUNG 02

RUANG JANTUNG 03

RUANG JANTUNG 04

KATUP

TRIKUSPIDALIUS

KATUP BIKUSPIDALIUS

DEFINISI PEMBULUH DARAH


 

VENA 06

FUNGSI PEMBULUH DARAH

MACAM PEMBULUH DARAH

ARTERI 01

ARTERI 02

ARTERI 03

ARTERI 04

ARTERI 05

ARTERI 06

VENA 01

VENA 02

VENA 03

VENA 04

VENA 05


Asesmen Formatif

Kode Soal:

WLX573358

 


Sunday, January 12, 2025

SOAL LATIHAN OSN BIOLOGI SMA TAHUN 2025



SOAL LATIHAN OSN BIOLOGI SMA TAHUN 2025

1.    Perhatikan hasil percobaan Keisha pada skema transkripsi dan aktivitas beberapa gen ketika di knockout dan unknockout/switch on dan menghasilkan produk seperti gambar berikut !



Tentukan pernyataan berikut BENAR atau SALAH berdasarkan data di atas !

 

Pernyataan

BENAR

SALAH

Antikodon adalah bagian spesifik molekul dari tRNA yang berfungsi dalam

encodes protein

 

 

Molekul DNA yang berperan di atas memiliki template mRNA adalah rantai

3’ – 5’

 

 

Rantai 5’ – 3’ berperan sebagai DNA template dalam cetakan mRNA

 

 

Ketika gen A, C, dan D di switch on secara Bersama - sama maka ketiga gen

tersebut tergolong enhancer

 

 


2.    Seorang siswa bernama Zaskia meneliti mating habits dari yeast yang memiliki signal ptahways untuk perilaku kawin unik. Berikut gambar jalur mating habits yeast tersebut, ada 3 jenis protein yang terlibat dan tergolong protein kinase atau fosfatase serta Ster tergolong di dalamnya



 

Gambar. Jalur yeast mating pathway. Apabila tidak ada faktor perkawinan yang melekat pada reseptor maka reseptor dengan otomais memfosforilasi protein kinase Ster dan mengaktifkannya. Apabila terdapat faktpr perkawinan yang melekat pada protein reseptor, maka reseptor akan mengaktifkan kinase-kinase yang terdapat pada scaffold protein yang pada akhirnya memfosforilasi protein KawIn

Tentukan pernyataan berikut BENAR atau SALAH berdasarkan data di atas !

 

Pernyataan

BENAR

SALAH

Jalur pensinyalan di atas serupa dengan jalur pensinyalan estrogen

 

 

NumB aktif saat dirinya terfosforilasi

 

 

Protein KawIn merupakan suatu jenis kinase

 

 

Protein scaffold dapat meneruskan sinyal kepada protein lain

 

 


3.    Fikri melakukan sayatan pada daun 2 tumbuhan yang belum diketahui jenisnya dan tampak sebagai berikut !



 

Tentukan pernyataan berikut BENAR atau SALAH berdasarkan gambar di atas !

 

Pernyataan

BENAR

SALAH

Gambar A tergolong tumbuhan C3 dan kelompok monokotil

 

 

Gambar B tergolong tumbuhan C4 dan kelompok liliopsida

 

 

Tumbuhan C4 melakukan regulasi fotosintesis yang bersifat spasial

dan tumbuh kurang subur di tempat tropis

 

 

Tumbuhan A rentan terhadap proses fotorespirasi

 

 


4.    Perhatikan sayatan anatomi daun yang dilakukan oleh Cantika berikut !




Tentukan pernyataan berikut BENAR atau SALAH berdasarkan gambar di atas !

 

Pernyataan

BENAR

SALAH

Sayatan di atas adalah organ daun dan termasuk magnoliopsida

 

 

Stomata banyak dijumpai pada nomir 1

 

 

Bagian nomor 5 berrfungsi untuk mengambil substrat fotosintesis

 

 

Pada tanaman ini, fotosintesis terjadi pada bagian nomor 4

 

 

 

5.    Aini melukis sebuah Pohon filogeni untuk menggambarkan hubungan antara tumbuhan dalam kelompok Asterid



 


Tentukan pernyataan berikut BENAR atau SALAH berdasarkan pohon filogenik di atas !

 

Pernyataan

BENAR

SALAH

Ericales berkerabat lebih dekat dengan Garryales disbanding dengan

Gentianales

 

 


 

Kelompok yang berisikan Escaloniales dan Asterales adalah kelompok

monofiletik

 

 

Gentianales adalah sister taxa dari Boraginaceae

 

 

Kelompok yang berisi Campunulids adalah kelompok yang polifiletik

jika tidak mengikutsertakan Dipsacales

 

 

 

6.         Pertumbuhan populasi manusia dibagi menjadi beberapa tahap seperti yang ditunjukkan oleh Zaki dan Ade pada gambar grafik berikut :




Gambar . Tahapan pertumbuhan populasi manusia

 

Tentukan pernyataan berikut BENAR atau SALAH berdasarkan gambar grafik di atas !

 

Pernyataan

BENAR

SALAH

Pada tahap 1, manusia cenderung lebih terseleksi secara r (r-selected)

dibanding pada tahap 4

 

 

Pada tahap 2 - 3, populasi manusia cenderung bertumbuh secara

eksponensial

 

 

Pada tahap 4, kurva kesintasan manusia cenderung bertipe I dibanding

pada tahap 1

 

 

Penurunan populasi pada tahap 5 dikarenakan populasi manusia sudah

mencapai batas carrying capacity

 

 


7.         Nabila dan Keisha diberikan guru biologi untuk mengamati 2 situs masing masing dengan 2 pulau vulkanik yang berdekatan dengan pulau Jawa dengan jarak dan area yang beragam. Panah menunjukkan kemungkinan migrasi dari mainland pulau tersebut



 


Tentukan pernyataan berikut BENAR atau SALAH berdasarkan gambar di atas !

 

Pernyataan

BENAR

SALAH

Pulau 2 pada kedua situs akan selalu memiliki kekayaan spesies yang

lebih rendah

 

 

Pada situs 2, kedua pulau akan mengalami laju migrasi yang sama

dari mainland, namun akan ditemukan lebih banyak spesies di pulau 1

 

 

Pulau yang lebih besar akan memiliki laju kepunahan yang lebih

rendah dibandingkan dengan yang lebih kecil

 

 

Laju migrasi akan berbanding lurus dengan jarak pulau dari mainland

 

 


8.         8. Perhatikan gambar 2 komunitas berikut ini!




Tentukan apakah pernyataan berikut Benar (B) atau Salah (S)

 

Pernyataan

Benar

Salah

Kekayaan spesies (species richness) dari kedua komunitas tersebut sama

 

 

Shanonn diversity antara kedua komunitas tersebut sama

 

 

Evenness spesies pada komunitas 1 lebih tinggi daripada komunitas 2

 

 

Diversity beta pada kedua komunitas di atas bernilai nol

 

 

 

9.       9. Dalam suatu ekosistem buatan diintroduksikan spesies A sebesar 200 ekor. Ekosistem buatan tersebut diduga mampu menampung 1000 ekor dari spesies tersebut. Jika laju pertumbuhan intrinsik dari spesies tersebut adalah 0, 2 per bulan. Dengan memperhatikan formula berikut :

                   


(Persamaan Lotka -Volterra)

Tentukan apakah pernyataan berikut Benar (B) atau Salah (S)

 

Pernyataan

Benar

Salah

Laju    pertumbuhan    populasi    perbulan    pada   spesies    tersebut,    jika    dihitung menggunakan persamaan logistic (Persamaan Lotka -Volterra) sebesar 32 ekor

 

 

Dalam suatu ekosistem terdapat spesies A sebesar 200 ekor dan spesies B sebesar 100. Ekosistem tersebut diduga mampu menampung 1000 ekor dari spesies B. Jika laju

pertumbuhan intrinsik dari spesies B adalah 0, 2 per bulan dan spesies A sebesar 27

 

 


ekor per bulan. Maka nilai adalah 1, 50

 

 

Pertumbuhan spesies dari kasus di atas bernilai nol jika N sama dengan K

 

 

Nilai r max tidak dipengaruhi eh N dan K

 

 

 

10.         Kota A terjangkit wabah “siput gila” yang disebabkan virus yang menginfeksi siput namun dapat berpindah ke manusia apabila tergigit oleh siput. Diketahui bahwa penyakit ini dapat menjangkit dengan genotip GG (hitam polos). Siput yang bergenotip Gg (bintik-bintik)dan genotip gg (putih polos) dimana genotip Gg dan gg resisten terhadap penyakit. Jumlah siput di suatu kota terdapat 100, 000 ekor dan jumlah seluruh penduduk kota sebesar 200, 000 orang dimana sebanyak 20 % warga memelihara siput, 20, 25 % dari siput yang dipelihara berwarna hitam, 49, 5 % bintik-bintik, dan 30, 25 % berwarna putih

Tentukan apakah pernyataan berikut Benar (B) atau Salah (S)

 

Pernyataan

Benar

Salah

Frekuensi alel G dan alel g siput pada kota tersebut adalah G = 0, 55 dan g = 0, 45

 

 

Perbandingan antara jumlah siput liar (yang bukan peliharaan) yang dapat

menyebabkan penyakit dengan jumlah penduduk total adalah 6 : 100

 

 

Jika siput yang dipelihara berhasil dikarantina (diserahkan ke pemerintah untuk pencegahan penyebaran penyakit), maka persen minimal total penduduk yang harus

divaksinasi agar penyakit ini tidak menyebar di kota A akibat gigitan siput liar adalah 6 %

 

 

Kasus di atas perbandingan alel mendekati kesetimbangan Hardy-Weinberg