Struktur Sel dan Transpor Membran
Pembelahan Sel (Reproduksi Sel)
Sistem Gerak Manusia
Sistem Peredaran Darah Manusia
Sistem Pencernaan
Bersama Wali Kelas
Ilmu yang Mempelajari tentang Makhluk Hidup.
Semangat Belajar.
Buka Puasa Bersama bulan Ramadhan tahun 2022
Kelas XI MIA 1 Juara Umum Class Meeting Semester Genap Tahun Ajaran 2021/2022
Struktur Sel dan Transpor Membran
Pembelahan Sel (Reproduksi Sel)
Sistem Gerak Manusia
Sistem Peredaran Darah Manusia
Sistem Pencernaan
LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK
Nama Sekolah : SMAIT ALFITYAN MEDAN
Mata Pelajaran : IPA - Biologi
Fase/Kelas/ Semester : E / 10 / 1
Alokasi Waktu : 3 x 45 menit
Materi : Bentuk, Reproduksi dan Klasifikasi Virus
Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat menjelaskan Asal, Bentuk dan Struktur Virus Peserta didik dapat menjelaskan Reproduksi Virus
Peserta didik dapat menyebutkan Klasifikasi Virus
Sumber Pembelajaran
Asal, Bentuk dan Struktur Virus
Reproduksi Virus
Klasifikasi Virus
Metode Pembelajaran : Game Berkelompok Langkah Pembelajaran
Pendahuluan
• Guru memberikan salam dan berdoa bersama
• Guru mengecek kehadiran peserta didik, mengkondisikan kelas dan pembiasaan
Apersepsi
Guru menanyakan kepada peserta didik tentang materi yang sudah dipelajari yang dikaitkan dengan materi Bentuk, Reproduksi dan Klasifikasi Virus
Pemberian Acuan
• Guru menyampaikan tujuan pembelajaraan
• Peserta didik dapat menjelaskan Asal, Bentuk dan Struktur Virus
• Peserta didik dapat menjelaskan Reproduksi Virus
• Peserta didik dapat menyebutkan Klasifikasi Virus
Kegiatan Inti
1. Kelas dibagi menjadi 6 kelompok, masing-masing kelompok menjawab satu dari kelima pertanyaan dibawah ini !
1) Menurut pendapat kalian, apakah virus termasuk benda mati atau makhluk hidup? Berikan alasan yang ilmiah !
Untuk nomor 2,3 dan 4 perhatikan gambar diatas !
2) Jelaskan pengertian bakteriofage, dan sebutkan bagian-bagian pada Bakteriogage !
3) Jelaskan bagian pada virus Corona, dan apa yang menyebabkan virus tersebu8t cepat menular?
4) Apakah kesamaan struktur antara bakteriofage dan virus Corona !
5) Menurut pendapat kalian apakah virus adalah sel? Jelaskan secara ilmiah !
6) Jelaskan dasar dari Klasifikasi Virus dan beri 1 contoh nya !
2. Jawaban di tulis pada kertas plano atau HVS atau kertas presentasi yang telah disiapkan, dan harus di hias supaya menarik.
3. Presentasi stand to stand dengan cara, 2 anggota kelompok berjaga di stand sendiri, bertugas untuk menjelaskan setiap anggota kelompok lain yang bertanya atau berkunjung
4. Anggota kelompok yang lain berkunjung ke semua kelompok yang lain, dan mencari informasi sebanyak- banyaknya untuk di sampaikan ke kelompok sendiri.
5. Guru memberi penguatan terhadap materi hari ini
Penutup
• Resume: Guru membimbing peserta didik membuat kesimpulan tentang Asal, Bentuk dan Struktur Virus, Reproduksi Virus, Klasifikasi Virus
• Refleksi: Memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengrefleksi pembelajaran pada hari ini,supaya terjadi evaluasi dan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di pertemuan selanjutnya.
• Guru memberikan contoh pembiasaan positif kesadaran terhadap pentingnya memahami Asal, Bentuk dan Struktur Virus, Reproduksi Virus, Klasifikasi Virus
• Guru memberikan evaluasi kepada peserta didik
Guru menyampaikan rencana pembelajaran selanjutnya
Nilai = jumlah skor/ 100 x 100
Kriteria Ketuntasan Tujuan Pembelajaran Tipe Interval Nilai Interval Nilai
0 – 40%
Artinya belum mencapai KKTP, remedial di seluruh bagian 41 – 65%
Artinya belum mencapai ketuntasan, remedial dibagian yang diperlukan 66% - 85%
Artinya sudah mencapai ketuntasan tidak perlu remidi 86% - 100%
Artinya sudah mencapai ketuntasan, perlu pengayaan atau tantangan.
MATERI BIOLOGI KELAS X FASE E LKPD VIRUS
LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD)
Nama Sekolah : SMAIT ALFITYAN MEDAN
Mata Pelajaran : Biologi
Fase/Kelas/ Semester : F /11 / 1
Alokasi Waktu : 8 x 45 menit
Materi : Amitosis, Mitosis dan Meiosis
Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat mengindentifikasikan Amitosis, Mitosis dan Meiosis
2. Siswa dapat mengindentifikasikan Praktikum Reproduksi sel
3. Siswa dapat menjelaskan Presentasi Laporan Praktikum
Metode Pembelajaran : Computational Thingking (CT) dengan 2 kali pertemuan.
Pertemuan Pertama :
1. Abstraksi
Peserta didik diminta untuk melihat video pembelajaran dibawah ini
Amitosis :
Mitosis :
Meiosis :
Tugas ;
Setelah melihat ketiga video tersebut, setiap peserta didik membuat ringkasan dari ketiga video tersebut pada selembar kertas yang sudah disiapkan oleh Guru.
2. Dekomposisi
a. Guru membagi kelas menjadi 13 kelompok terdiri dari kelompok
1) Interfase
2) Profase Mitosis
3) Metafase Mitosis
4) Anafase Mitosis
5) Telofase Mitosis
6) Profase Meiosis 1
7) Metafase Meiosis 1
8) Anafase Meiosis 1
9) Telofase Meiosis 1
10) Profase Meiosis 2
11) Metafase Meiosis 2
12) Anafase Meiosis 2
13) Telofase Meiosis 2
b. Masing-masing kelompok mempelajari dan berdiskusi sesuai dengan bagiannya dan ditulis di selembar kertas yang telah disiapkan
c. Setiap kelompok menyiapkan alat dan bahan untuk praktikum Reproduksi Sel pertemuan selanjutnya
d. Alat dan bahan berupa : plastisin (lilin malam), piring plastik kecil sebagai alas.
Pertemuan Kedua :
3. Algoritma
a. Peserta didik dalam kelompok mengerjakan praktikum reproduksi sel sesuai dengan bagian materinya
b. Kelompok2 kecil bergabung menjadi 2 kelompok besar yaitu
1. Kelompok besar Mitosis yang terdiri dari keloompok kecil Interfase, Profase Mitosis, Metafase Mitosis, Anafase Mitosis dan Telofase Mitosis
2. Kelompok besar Meiosis terdiri dari kelompok kecil Meiosis 1 dan Meiosis 2
c. Peserta didik menghafalkan urutan dari proses Mitosis dan Meiosis dengan menggunakan alat peraga yang sudah dibuat.
d. Setiap kelompok wajib mendokumentasikan semua urutan Mitosis dan Meiosis dan memberikan keterangan pada setiap foto yang diambil, laporan dalam bentuk foto berjalan (video)
4. Pengenalan Patern (Pola)
a. Setiap kelompok kecil membuat tabel perbedaan Mitosis dan Meiosis
Faktor pembeda
Mitosis
Meiosis
Refleksi Pembelajaran
LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD)
Nama Sekolah : SMAIT AlFityan Medan
Mata Pelajaran : Biologi
Fase/Kelas/ Semester : F /11 / 1
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
Materi : Pengertian dan Teori Sel
Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat menjelaskan Pengertian Sel dan Teori tentang Sel
Sumber Pembelajaran
Pengertian Sel dan Teori tentang Sel
Langkah Pembelajaran
Metode Presentasi Individu
1. Guru membagikan link video yanag harus di simak oleh semua peserta didik Pengertian Sel dan Teori tentang Sel
2. Guru memberikan satu kertas stiker warna pada semua peserta didik
3. Setiap peserta didik diminta untuk menuliskan hal yang didapat setelah menonton video tersebut
4. Guru meminta salah satu murid untuk menggambar pohon di kertas plano yang sudah disiapkan
5. Setiap murid wajib maju mempresentasikan tulisan di kertas stiker dan menempelkan di gambar pohon secara bergantian
Refleksi Pembelajaran Hari ini
Tes Formatif
1. Jelaskan dengan kata-katamu sendiri apa yang dimaksud dengan sel ?
2. Sebutkan teori sel yang sudah kalian pelajari hari ini !
LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK KESEMBILAN
Nama Sekolah : SMAIT ALFITYAN MEDAN
Mata Pelajaran : IPA - Biologi
Fase/Kelas/ Semester : E / 10 / 1
Alokasi Waktu : 3 x 45 menit
Materi : Membuat Kladogram
Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat Membuat Kladogram
Sumber Pembelajaran
Video membuat Kladogram
Alat dan Bahan
Kertas plano untuk presentasi Kertas post it
Spidol, lem
Langkah Pembelajaran
Pendahuluan
· Guru memberikan salam dan berdoa bersama
· Guru mengecek kehadiran peserta didik, mengkondisikan kelas dan pembiasaan
Apersepsi
Guru menanyakan kepada peserta didik tentang materi yang sudah dipelajari yang dikaitkan dengan materi Kladogram
Pemberian Acuan
· Guru menyampaikan tujuan pembelajaraan Peserta didik dapat membuat Kladogram
Kegiatan Inti
1. Setelah menonton video, peserta didik dalam kelompok berdiskusi Guru meminta tiap kelompok membuat kertas presentasi LKPD membuat Kladogram
2. Tiap kelompok menempelkan hasil diskusi tentang membuat Kladogram di dinding kelas
3. Tiap kelompok presentasi dan penilaian antar kelompok
Penutup
· Resume: Guru membimbing peserta didik membuat kesimpulan tentang Kladogram
· Refleksi: Memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengrefleksi pembelajaran pada hari ini,supaya terjadi evaluasi dan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di pertemuan selanjutnya.
Guru memberikan contoh pembiasaan positif kesadaran terhadap pentingnya memahami Kladogram
· Guru memberikan evaluasi kepada peserta didik
Guru menyampaikan rencana pembelajaran selanjutnya
Kriteria Ketuntasan Tujuan
Pembelajaran dengan Metode
Deskripsi Pembuatan Kladogram
Nama Kelompok : Anggota :
Kriteria |
Tidak Memadai |
Memadai |
Hasil karya kladogram
sesuai dengan tutorial pembuatan kladogram di video |
|
|
Semua anggota kelompok bekerja sama
dengan baik |
|
|
Semua anggota
kelompok berpartisipasi dalam
pembuatan kladogram |
|
|
Kladogram dapat dimengerti oleh pembaca |
|
|
Mendapatkan apresiasi
bagus dari kelompok lain |
|
|
Kesimpulan |
Peserta didik dianggap
mencapai KKTP jika minimal 4 kriteria memadai, tapi jika kurang
dari 4 kriteria yang memadai maka perlu diadakan remidi dalam pemahaman materi ini. |