Kelas X E-2

Bersama Wali Kelas

Biologi

Ilmu yang Mempelajari tentang Makhluk Hidup.

Kegiatan Belajar

Semangat Belajar.

Ifthar Jama'i

Buka Puasa Bersama bulan Ramadhan tahun 2022

Class Meeting

Kelas XI MIA 1 Juara Umum Class Meeting Semester Genap Tahun Ajaran 2021/2022

Monday, October 14, 2024

MATERI BIOLOGI KELAS XI FASE F

Struktur Sel dan Transpor Membran

Pembelahan Sel (Reproduksi Sel)

Sistem Gerak Manusia

Sistem Peredaran Darah Manusia

Sistem Pencernaan


Monday, September 9, 2024

VIRUS

 


LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK


Nama Sekolah                 : SMAIT ALFITYAN MEDAN

Mata Pelajaran         : IPA - Biologi

Fase/Kelas/ Semester : E / 10 / 1

Alokasi Waktu         : 3 x 45 menit

Materi                 : Bentuk, Reproduksi dan Klasifikasi Virus


Tujuan Pembelajaran

Peserta didik dapat menjelaskan Asal, Bentuk dan Struktur Virus Peserta didik dapat menjelaskan Reproduksi Virus

Peserta didik dapat menyebutkan Klasifikasi Virus


Sumber Pembelajaran


Asal, Bentuk dan Struktur Virus


 https://youtu.be/WC44_WGnF3g


Reproduksi Virus

https://youtu.be/U5ksg6WQSu8


Klasifikasi Virus 

https://youtu.be/uPrvbh52InY




Metode Pembelajaran : Game Berkelompok Langkah Pembelajaran

Pendahuluan

Guru memberikan salam dan berdoa bersama

Guru mengecek kehadiran peserta didik, mengkondisikan kelas dan pembiasaan

Apersepsi

Guru menanyakan kepada peserta didik tentang materi yang sudah dipelajari yang dikaitkan dengan materi Bentuk, Reproduksi dan Klasifikasi Virus

Pemberian Acuan

Guru menyampaikan tujuan pembelajaraan

Peserta didik dapat menjelaskan Asal, Bentuk dan Struktur Virus

Peserta didik dapat menjelaskan Reproduksi Virus

Peserta didik dapat menyebutkan Klasifikasi Virus


Kegiatan Inti

1. Kelas dibagi menjadi 6 kelompok, masing-masing kelompok menjawab satu dari kelima pertanyaan dibawah ini !

1) Menurut pendapat kalian, apakah virus termasuk benda mati atau makhluk hidup? Berikan alasan yang ilmiah !

Untuk nomor 2,3 dan 4 perhatikan gambar diatas !

2) Jelaskan pengertian bakteriofage, dan sebutkan bagian-bagian pada Bakteriogage !

3) Jelaskan bagian pada virus Corona, dan apa yang menyebabkan virus tersebu8t cepat menular?

4) Apakah kesamaan struktur antara bakteriofage dan virus Corona !

5) Menurut pendapat kalian apakah virus adalah sel? Jelaskan secara ilmiah !

6) Jelaskan dasar dari Klasifikasi Virus dan beri 1 contoh nya !



2. Jawaban di tulis pada kertas plano atau HVS atau kertas presentasi yang telah disiapkan, dan harus di hias supaya menarik.

3. Presentasi stand to stand dengan cara, 2 anggota kelompok berjaga di stand sendiri, bertugas untuk menjelaskan setiap anggota kelompok lain yang bertanya atau berkunjung

4. Anggota kelompok yang lain berkunjung ke semua kelompok yang lain, dan mencari informasi sebanyak- banyaknya untuk di sampaikan ke kelompok sendiri.

5. Guru memberi penguatan terhadap materi hari ini


Penutup

Resume: Guru membimbing peserta didik membuat kesimpulan tentang Asal, Bentuk dan Struktur Virus, Reproduksi Virus, Klasifikasi Virus

Refleksi: Memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengrefleksi pembelajaran pada hari ini,supaya terjadi evaluasi dan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di pertemuan selanjutnya.

Guru memberikan contoh pembiasaan positif kesadaran terhadap pentingnya memahami Asal, Bentuk dan Struktur Virus, Reproduksi Virus, Klasifikasi Virus

Guru memberikan evaluasi kepada peserta didik

Guru menyampaikan rencana pembelajaran selanjutnya




Asesmen Formatif Asal, Bentuk dan Struktur Virus

Asesmen Formatif Reproduksi Virus





Nilai = jumlah skor/ 100 x 100

Kriteria Ketuntasan Tujuan Pembelajaran Tipe Interval Nilai Interval Nilai

0 – 40%

Artinya belum mencapai KKTP, remedial di seluruh bagian 41 – 65%

Artinya belum mencapai ketuntasan, remedial dibagian yang diperlukan 66% - 85%

Artinya sudah mencapai ketuntasan tidak perlu remidi 86% - 100%

Artinya sudah mencapai ketuntasan, perlu pengayaan atau tantangan.


MATERI BIOLOGI KELAS X FASE E LKPD VIRUS


Sunday, September 1, 2024

REPRODUKSI SEL (PEMBELAHAN SEL)



 LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD)

Nama Sekolah                 : SMAIT ALFITYAN MEDAN

Mata Pelajaran         : Biologi

Fase/Kelas/ Semester : F /11 / 1 

Alokasi Waktu         : 8 x 45 menit

Materi                         : Amitosis, Mitosis dan Meiosis


Tujuan Pembelajaran

1. Siswa dapat mengindentifikasikan Amitosis, Mitosis dan Meiosis

2. Siswa dapat mengindentifikasikan Praktikum Reproduksi sel

3. Siswa dapat menjelaskan Presentasi Laporan Praktikum


Metode Pembelajaran : Computational Thingking (CT) dengan 2 kali pertemuan.


Pertemuan Pertama :

1. Abstraksi

Peserta didik diminta untuk melihat video pembelajaran dibawah ini


Amitosis :

https://youtu.be/oES-2XXFEto

Mitosis :

https://youtu.be/757F8OTDLVo

Meiosis : 

https://youtu.be/N1fPizfvwn0


Tugas ;

Setelah melihat ketiga video tersebut, setiap peserta didik membuat ringkasan dari ketiga video tersebut pada selembar kertas yang sudah disiapkan oleh Guru.

2. Dekomposisi

a. Guru membagi kelas menjadi 13 kelompok terdiri dari kelompok

1) Interfase

2) Profase Mitosis

3) Metafase Mitosis

4) Anafase Mitosis

5) Telofase Mitosis

6) Profase Meiosis 1

7) Metafase Meiosis 1

8) Anafase Meiosis 1

9) Telofase Meiosis 1

10) Profase Meiosis 2

11) Metafase Meiosis 2

12) Anafase Meiosis 2

13) Telofase Meiosis 2

b. Masing-masing kelompok mempelajari dan berdiskusi sesuai dengan bagiannya dan ditulis di selembar kertas yang telah disiapkan

c. Setiap kelompok menyiapkan alat dan bahan untuk praktikum Reproduksi Sel pertemuan selanjutnya

d. Alat dan bahan berupa : plastisin (lilin malam), piring plastik kecil sebagai alas.

 

Pertemuan Kedua :

3. Algoritma

a. Peserta didik dalam kelompok mengerjakan praktikum reproduksi sel sesuai dengan bagian materinya

b. Kelompok2 kecil bergabung menjadi 2 kelompok besar yaitu

1. Kelompok besar Mitosis yang terdiri dari keloompok kecil Interfase, Profase Mitosis, Metafase Mitosis, Anafase Mitosis dan Telofase Mitosis

2. Kelompok besar Meiosis terdiri dari kelompok kecil Meiosis 1 dan Meiosis 2

c. Peserta didik menghafalkan urutan dari proses Mitosis dan Meiosis dengan menggunakan alat peraga yang sudah dibuat.

d. Setiap kelompok wajib mendokumentasikan semua urutan Mitosis dan Meiosis dan memberikan keterangan pada setiap foto yang diambil, laporan dalam bentuk foto berjalan (video)


4. Pengenalan Patern (Pola)

a. Setiap kelompok kecil membuat tabel perbedaan Mitosis dan Meiosis


Faktor pembeda

Mitosis

Meiosis


Refleksi Pembelajaran






Asesmen Formatif

1) Jelaskan perbedaan antara Amitosis, Mitosis dan Meiosis! (skor 50)
2) Sebut dan jelaskan tahapan pada Mitosis dan Meiosis! (skor 50)

Monday, August 26, 2024

Pengertian dan Teori Sel



LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD)


Nama Sekolah             : SMAIT AlFityan Medan

Mata Pelajaran     : Biologi 

Fase/Kelas/ Semester  : F /11 / 1 

Alokasi Waktu     : 2 x 45 menit

Materi                     : Pengertian dan Teori Sel


Tujuan Pembelajaran

Siswa dapat menjelaskan Pengertian Sel dan Teori tentang Sel


Sumber Pembelajaran

Pengertian Sel dan Teori tentang Sel 


Langkah Pembelajaran

Metode Presentasi Individu

1. Guru membagikan link video yanag harus di simak oleh semua peserta didik Pengertian Sel dan Teori tentang Sel

https://youtu.be/XQdeHQyIqMc

2. Guru memberikan satu kertas stiker warna pada semua peserta didik

3. Setiap peserta didik diminta untuk menuliskan hal yang didapat setelah menonton video tersebut

4. Guru meminta salah satu murid untuk menggambar pohon di kertas plano yang sudah disiapkan

5. Setiap murid wajib maju mempresentasikan tulisan di kertas stiker dan menempelkan di gambar pohon secara bergantian


Refleksi Pembelajaran Hari ini



Tes Formatif

1. Jelaskan dengan kata-katamu sendiri apa yang dimaksud dengan sel ?

2. Sebutkan teori sel yang sudah kalian pelajari hari ini !



LKPD PENGERTIAN DAN TEORI SEL


Kladogram



 LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK KESEMBILAN

 

Nama Sekolah                       : SMAIT ALFITYAN MEDAN

Mata Pelajaran                       : IPA - Biologi 

Fase/Kelas/ Semester             : E / 10 / 1 

Alokasi Waktu                        : 3 x 45 menit

Materi                                    : Membuat Kladogram

 

Tujuan Pembelajaran

Peserta didik dapat Membuat Kladogram


 Sumber Pembelajaran

Video membuat Kladogram



Alat dan Bahan

Kertas plano untuk presentasi Kertas post it

Spidol, lem


Langkah Pembelajaran 

Pendahuluan

·     Guru memberikan salam dan berdoa bersama

·     Guru mengecek kehadiran peserta didik, mengkondisikan kelas dan pembiasaan

Apersepsi

Guru menanyakan kepada peserta didik tentang materi yang sudah dipelajari yang dikaitkan dengan materi Kladogram

Pemberian Acuan

·      Guru menyampaikan tujuan pembelajaraan Peserta didik dapat membuat Kladogram


 Kegiatan Inti

 1.      Setelah menonton video, peserta didik dalam kelompok berdiskusi Guru meminta tiap kelompok membuat kertas presentasi LKPD membuat Kladogram

2.      Tiap kelompok menempelkan hasil diskusi tentang membuat Kladogram di dinding kelas

3.      Tiap kelompok presentasi dan penilaian antar kelompok


 Penutup

·         Resume: Guru membimbing peserta didik membuat kesimpulan tentang Kladogram

·         Refleksi: Memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengrefleksi pembelajaran pada hari ini,supaya terjadi evaluasi dan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di pertemuan selanjutnya.

Guru memberikan contoh pembiasaan positif kesadaran terhadap pentingnya memahami Kladogram

·         Guru memberikan evaluasi kepada peserta didik

Guru menyampaikan rencana pembelajaran selanjutnya



Kriteria Ketuntasan Tujuan Pembelajaran dengan Metode Deskripsi Pembuatan Kladogram


Nama Kelompok : Anggota :

  

Kriteria

Tidak Memadai

Memadai

Hasil karya kladogram sesuai dengan tutorial pembuatan kladogram di video

 

 

Semua anggota kelompok bekerja sama dengan baik

 

 

Semua anggota kelompok berpartisipasi dalam pembuatan kladogram

 

 

Kladogram dapat dimengerti oleh pembaca

 

 

Mendapatkan apresiasi bagus dari kelompok lain

 

 

Kesimpulan

Peserta didik dianggap mencapai KKTP jika minimal 4 kriteria memadai, tapi jika kurang dari 4 kriteria yang memadai maka perlu diadakan remidi dalam pemahaman materi ini.


 ASESMEN FORMATIF

















LKPD Membuat kladogram