Kelas X E-2

Bersama Wali Kelas

Biologi

Ilmu yang Mempelajari tentang Makhluk Hidup.

Kegiatan Belajar

Semangat Belajar.

Ifthar Jama'i

Buka Puasa Bersama bulan Ramadhan tahun 2022

Class Meeting

Kelas XI MIA 1 Juara Umum Class Meeting Semester Genap Tahun Ajaran 2021/2022

Thursday, February 20, 2025

Monday, February 10, 2025

Pengukuran Denyut Nadi dan Tekanan Darah



 Langkah Pembelajaran

·        Guru Memberikan referensi video pembelajaran

Tekanan Darah Manusia (Sistole dan Diastole)


Frekuensi Denyut nadi

·        Guru membagi kelas menjadi 4 kelompok

·        Guru menjelaskan tentang perbedaan sistole dan diastole.

·        Setiap murid diharapkan untuk mengukur tekanan darahnya masing- masing dan bisa mengartikan apa makna hasil dari tekanan darah yang diperoleh

·        Setiap murid diminta untuk menghitung denyut nadi dengan cara: tempelkan ibu jari kanan pada pergelangan tangan kiri dan tekanlah sedikit sehingga terasa adanya denyut nadi

·        Hitunglah frekuensi denyut nadi selama 1 menit pada posisi duduk santai (catat pada table pengamatan)

·        Hitunglah frekuensi denyut nadi selama 1 menit pada posisi berdiri (catat pada table pengamatan)

·        Hitunglah frekuensi denyut nadi selama 1 menit pada posisi jalan santai ke lapang (catat pada table pengamatan)

·        Hitunglah frekuensi denyut nadi selama 1 menit pada posisi berlari selama 1 kali putaran lapangan (catat pada table pengamatan)

·        Hitunglah frekuensi denyut nadi selama 1 menit setelah minum air bisa dingin atau air suhu normal (catat pada table pengamatan)

·        Setiap kelompok mendiskusikan dengan membandingkan table antar murid dalam satu kelompok

Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi nya. 

Asesmen Formatif

Kode Soal:

UVI573364




Tuesday, February 4, 2025

Kumpulan Silabus dan Soal KSN Biologi dengan Link Pembahasannya

 

Berikut adalah File KSN Biologi
Silabus OSN Biologi (Unduh Disini)
Soal OSNK Biologi 2024 (Unduh Disini)
Soal OSNK Biologi 2020 (Unduh Disini)
Kunci Jawaban KSK 2020 (Unduh Disini)
Soal OSNK Biologi 2019 (Unduh Disini)
Kunci Jawaban KSK 2019 (Unduh Disini)
Soal OSNK Biologi 2018 (Unduh Disini)
Soal OSNK Biologi 2017 (Unduh Disini)
Soal OSNK Biologi 2016 (Unduh Disini)
Soal Prediksi OSNK Biologi 2023 (Unduh Disini)
Soal OSNP Biologi 2019 (Unduh Disini)

Soal Latihan OSN 2019 (Unduh Disini)
Soal Seleksi OSN-S 2025 (Unduh Disini) 

Soal Biologi KSN Online POSI Tahun 2020 (Unduh Disini)
Soal Biologi OPSI Online POSI Tahun 2020 (Unduh Disini)

Monday, February 3, 2025

Mekanisme Peredaran Darah Manusia



LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD)

Nama Sekolah                       : SMAIT Al Fityan Medan

Mata Pelajaran                       : Biologi Fase/Kelas/ Semester                                : F /11 / 1 
Alokasi Waktu                        : 2 x 45 menit

Materi                                     : Mekanisme Peredaran Darah

Tujuan Pembelajaran

Siswa dapat menyebutkan mekanisme peredaran darah

 

Sumber Pembelajaran

Mekanisme Peredaran Darah



Metode Pembelajaran : Presentasi dengan dongeng Langkah Pembelajaran

·         Guru Memberikan referensi video pembelajaran

Mekanisme Peredaran Darah

https://youtu.be/Dm-20RgXvT8

 

·         Guru membagi kelas menjadi 2 kelompok besar dengan cara setiap anak secara berurutan menyebutkan kata besar kemudian kecil, jadi nanti akan terbentuk 2 kelompok besar yaitu kelompok peredaran darah besar dan kelompok peredaran darah kecil.

·         Guru menjelaskan terlebih dahulu perbedaan pembuluh darah vena dan arteri dan ruang jantung.

·         Kemudian Guru meminta untuk tiap kelompok berdiskusi membuat skenario dongeng atau cerita tentang peredaran darah besar atau kecil sesuai dengan bagiannya

·         Setelah itu tiap kelompok diminta untuk mempresentasikan dongeng tentang peredaran darah besar atau peredaran darah kecil

·         Bila waktu nya tidak mencukupi boleh tagihannya berupa video yang diupload lewat WA grup kelas.

·         Setiap murid wajib untuk presentasi tentang dongeng peredaran darah besar dan peredaran darah kecil.

·         Guru bersama murid membuat kesimpulan Mekanisme Peredaran darah besar dan peredaran darah kecil.

·         Murid menuliskan refeleksi pembelajaran hari ini.


Assesmen Formatif

Kode Soal: 

BQL571322


Wednesday, January 29, 2025

Klasifikasi Jamur Ascomycota dan Basidiomycota




LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK KESEMBILAN

Nama Sekolah             : SMAIT Al Fityan Medan
Mata Pelajaran            : IPA - Biologi
Fase/Kelas/ Semester  : E / 10 / 1
Alokasi Waktu             : 3 x 45 menit
Materi                          : Ascomycota dan Basidiomycota
 
Tujuan Pembelajaran
1)     Peserta didik dapat menerangkan Ascomycota
2)     Peserta didik dapat menerangkan Basidiomycota
 
Sumber Pembelajaran
Ascomycota
https://youtu.be/AkNBiU0yJj4
Langkah Pembelajaran

Pendahuluan
·         Guru memberikan salam dan berdoa bersama
·         Guru mengecek kehadiran peserta didik, mengkondisikan kelas dan pembiasaan
Apersepsi
·         Guru menanyakan kepada peserta didik tentang materi yang sudah dipelajari yang dikaitkan dengan materi Ascomycota dan Basidiomycota
Pemberian Acuan
·         Guru menyampaikan tujuan pembelajaraan
1.      Peserta didik dapat menerangkan Ascomycota
2.      Peserta didik dapat menerangkan Basidiomycota
 
Kegiatan Inti
·         Pada pertemuan sebelum nya Guru memberikan video pembelajaran yang harus disimak oleh semua murid
·         Setiap murid membawa 1 jamur contoh dari jamur Ascomycota dan Basidiomycota, dalam satu bangku ada yang membawa 1 contoh jamur Ascomycota dan 1 contoh jamur Basidiomycota, bila tidak mendapatkan jamur asli diperbolehkan menggunakan gambar yang di print out.

Ascomycota
·         Setiap murid mengamati jamur yang dibawa dan mencocokkan dengan ciri yang ada di video pembelajaran.
·         Setiap murid membuat deskripsi tentang jamur yang dibawa
·         Murid bangku sebelah kanan dan kiri saling membagikan informasi tentang ciri jamur yang diamati.
·         Perwakilan murid secara bergantian menuliskan ciri dari jamur Ascomycota dan Basidiomycota
·         Guru memberikan penjelasan tentang perbedaan kedua jamur Ascomycota dan Basidiomycota.
·         Setiap murid diminta untuk menghafal ciri- ciri Jamur Ascomycota dan Basidiomycota
·         Guru mengadakan game estafet materi jamur Ascomycota dan Basidiomycota.
·         Guru memberikan asesmen formatif

Penutup
·         Resume: Guru membimbing peserta didik membuat kesimpulan tentang Ascomycota dan Basidiomycota
·         Refleksi: Memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengrefleksi pembelajaran pada hari ini,supaya terjadi evaluasi dan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di pertemuan selanjutnya.
·         Guru memberikan contoh pembiasaan positif kesadaran terhadap pentingnya memahami Ascomycota dan Basidiomycota
·         Guru memberikan evaluasi kepada peserta didik
·         Guru menyampaikan rencana pembelajaran selanjutnya

Asesmen Formatif
Kode Soal:

FHL571903

 
Nilai = jumlah skor/ 100 x 100
Kriteria Ketuntasan Tujuan Pembelajaran Tipe Interval Nilai Interval Nilai
0 – 40%
Artinya belum mencapai KKTP, remedial di seluruh bagian 41 – 65%
Artinya belum mencapai ketuntasan, remedial dibagian yang diperlukan 66% - 85%
Artinya sudah mencapai ketuntasan tidak perlu remidi 86% - 100%
Artinya sudah mencapai ketuntasan, perlu pengayaan atau tantangan.