Kelas X E-2
Bersama Wali Kelas
Biologi
Ilmu yang Mempelajari tentang Makhluk Hidup.
Kegiatan Belajar
Semangat Belajar.
Ifthar Jama'i
Buka Puasa Bersama bulan Ramadhan tahun 2022
Class Meeting
Kelas XI MIA 1 Juara Umum Class Meeting Semester Genap Tahun Ajaran 2021/2022
Thursday, February 20, 2025
Monday, February 10, 2025
Pengukuran Denyut Nadi dan Tekanan Darah
Langkah Pembelajaran
· Guru Memberikan referensi video pembelajaran
Tekanan Darah Manusia (Sistole dan Diastole)
· Guru membagi kelas menjadi 4 kelompok
· Guru menjelaskan tentang perbedaan sistole dan diastole.
· Setiap murid diharapkan untuk mengukur tekanan darahnya masing- masing dan bisa mengartikan apa makna hasil dari tekanan darah yang diperoleh
· Setiap murid diminta untuk menghitung denyut nadi dengan cara: tempelkan ibu jari kanan pada pergelangan tangan kiri dan tekanlah sedikit sehingga terasa adanya denyut nadi
· Hitunglah frekuensi denyut nadi selama 1 menit pada posisi duduk santai (catat pada table pengamatan)
· Hitunglah frekuensi denyut nadi selama 1 menit pada posisi berdiri (catat pada table pengamatan)
· Hitunglah frekuensi denyut nadi selama 1 menit pada posisi jalan santai ke lapang (catat pada table pengamatan)
· Hitunglah frekuensi denyut nadi selama 1 menit pada posisi berlari selama 1 kali putaran lapangan (catat pada table pengamatan)
· Hitunglah frekuensi denyut nadi selama 1 menit setelah minum air bisa dingin atau air suhu normal (catat pada table pengamatan)
· Setiap kelompok mendiskusikan dengan membandingkan table antar murid dalam satu kelompok
Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi nya.
Asesmen Formatif
UVI573364
Tuesday, February 4, 2025
Kumpulan Silabus dan Soal KSN Biologi dengan Link Pembahasannya
Monday, February 3, 2025
Mekanisme Peredaran Darah Manusia
LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD)
Nama Sekolah : SMAIT Al Fityan Medan
Materi : Mekanisme Peredaran Darah
Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat menyebutkan mekanisme peredaran darah
Sumber Pembelajaran
Mekanisme Peredaran Darah
Metode Pembelajaran : Presentasi dengan dongeng Langkah Pembelajaran
·
Guru Memberikan referensi video pembelajaran
Mekanisme Peredaran Darah
·
Guru membagi
kelas menjadi 2 kelompok besar
dengan cara setiap anak secara
berurutan menyebutkan kata besar kemudian kecil, jadi nanti akan terbentuk
2 kelompok besar yaitu kelompok peredaran darah besar
dan kelompok peredaran darah kecil.
·
Guru menjelaskan terlebih dahulu
perbedaan pembuluh darah vena dan arteri dan ruang
jantung.
·
Kemudian Guru meminta untuk tiap kelompok
berdiskusi membuat skenario
dongeng atau cerita tentang peredaran darah besar atau kecil sesuai dengan
bagiannya
·
Setelah itu tiap kelompok
diminta untuk mempresentasikan dongeng tentang peredaran darah besar atau peredaran
darah kecil
·
Bila waktu nya tidak
mencukupi boleh tagihannya berupa video yang diupload lewat WA grup kelas.
·
Setiap murid wajib
untuk presentasi tentang
dongeng peredaran darah besar dan peredaran darah kecil.
·
Guru bersama
murid membuat kesimpulan Mekanisme Peredaran darah besar dan peredaran darah kecil.
·
Murid menuliskan refeleksi pembelajaran hari ini.
Assesmen Formatif
Kode Soal:
BQL571322
Wednesday, January 29, 2025
Klasifikasi Jamur Ascomycota dan Basidiomycota
Nama Sekolah : SMAIT Al Fityan MedanMata Pelajaran : IPA - BiologiFase/Kelas/ Semester : E / 10 / 1Alokasi Waktu : 3 x 45 menitMateri : Ascomycota dan Basidiomycota
1) Peserta didik dapat menerangkan Ascomycota
Ascomycota
https://youtu.be/AkNBiU0yJj4
· Guru memberikan salam dan berdoa bersama
· Guru mengecek kehadiran peserta didik, mengkondisikan kelas dan pembiasaan
Apersepsi
· Guru menanyakan kepada peserta didik tentang materi yang sudah dipelajari yang dikaitkan dengan materi Ascomycota dan Basidiomycota
Pemberian Acuan
· Guru menyampaikan tujuan pembelajaraan
1. Peserta didik dapat menerangkan Ascomycota
2. Peserta didik dapat menerangkan Basidiomycota
Kegiatan Inti
· Pada pertemuan sebelum nya Guru memberikan video pembelajaran yang harus disimak oleh semua murid
· Setiap murid membawa 1 jamur contoh dari jamur Ascomycota dan Basidiomycota, dalam satu bangku ada yang membawa 1 contoh jamur Ascomycota dan 1 contoh jamur Basidiomycota, bila tidak mendapatkan jamur asli diperbolehkan menggunakan gambar yang di print out.
· Setiap murid membuat deskripsi tentang jamur yang dibawa
· Murid bangku sebelah kanan dan kiri saling membagikan informasi tentang ciri jamur yang diamati.
· Perwakilan murid secara bergantian menuliskan ciri dari jamur Ascomycota dan Basidiomycota
· Guru memberikan penjelasan tentang perbedaan kedua jamur Ascomycota dan Basidiomycota.
· Setiap murid diminta untuk menghafal ciri- ciri Jamur Ascomycota dan Basidiomycota
· Guru mengadakan game estafet materi jamur Ascomycota dan Basidiomycota.
· Guru memberikan asesmen formatif
· Resume: Guru membimbing peserta didik membuat kesimpulan tentang Ascomycota dan Basidiomycota
· Refleksi: Memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengrefleksi pembelajaran pada hari ini,supaya terjadi evaluasi dan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di pertemuan selanjutnya.
· Guru memberikan contoh pembiasaan positif kesadaran terhadap pentingnya memahami Ascomycota dan Basidiomycota
· Guru memberikan evaluasi kepada peserta didik
· Guru menyampaikan rencana pembelajaran selanjutnya
FHL571903
Nilai = jumlah skor/ 100 x 100
Kriteria Ketuntasan Tujuan Pembelajaran Tipe Interval Nilai Interval Nilai
0 – 40%
Artinya belum mencapai KKTP, remedial di seluruh bagian 41 – 65%
Artinya belum mencapai ketuntasan, remedial dibagian yang diperlukan 66% - 85%
Artinya sudah mencapai ketuntasan tidak perlu remidi 86% - 100%
Artinya sudah mencapai ketuntasan, perlu pengayaan atau tantangan.