Kelas X E-2

Bersama Wali Kelas

Biologi

Ilmu yang Mempelajari tentang Makhluk Hidup.

Kegiatan Belajar

Semangat Belajar.

Ifthar Jama'i

Buka Puasa Bersama bulan Ramadhan tahun 2022

Class Meeting

Kelas XI MIA 1 Juara Umum Class Meeting Semester Genap Tahun Ajaran 2021/2022

Monday, August 5, 2024

Takson dan Tata Nama Binomial Nomenklatur



 LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK KELIMA


Nama Sekolah             : SMAIT ALFITYAN MEDAN

Mata Pelajaran            : IPA - Biologi 

Fase/Kelas/ Semester  : E / 10 / 1 

Alokasi Waktu            : 3 x 45 menit

Materi             : Takson dan Tata Nama Binomial Nomenklatur


Tujuan Pembelajaran

1. Peserta didik dapat menyebutkan urutan Takson Hewan dan Tumbuhan

2. Peserta didik dapat menyebutkan Tata Nama Binomial Nomenklatur


Sumber Pembelajaran

Video Urutan Takson Hewan dan Tumbuhan



Video Tata Nama Binomial Nomenklatur 



Metode Pembelajaran : Zigsaw dan Game Estafet Langkah Pembelajaran

Pendahuluan

Guru memberikan salam dan berdoa bersama

Guru mengecek kehadiran peserta didik, mengkondisikan kelas dan pembiasaan

Apersepsi

Guru menanyakan kepada peserta didik tentang materi yang sudah dipelajari yang dikaitkan dengan materi Takson dan Tata Nama Binomial nomenklatur

Pemberian Acuan

Guru menyampaikan tujuan pembelajaraan

Peserta didik dapat menyebutkan urutan Takson Hewan dan Tumbuhan Peserta didik dapat menyebutkan Tata Nama Binomial Nomenklatur


Kegiatan Inti


1. Setiap murid wajib menyimak dan menuliskan urutan takson hewan dan tumbuhan secara benar berdasarkan dengan video referensi yang wajib ditonton

Video Urutan Takson Hewan dan Tumbuhan

https://youtu.be/EOEJDGgekSc

2. Setiap murid menghafalkan urutan takson hewan dan tumbuhan.

3. Persiapan game estafet urutan takson hewan dan tumbuhan.

4. Guru menyiapkan kertas yang ditempelkan di dinding (luar kelas) sebanyak 6 kelompok kemudian menyiapkan spidol untuk menulis.

5. Keenam kelompok berbaris dan secara estafet berurutan menuliskan urutan takson hewan atau tumbuhan sesuai dengan perintah Guru

 6. Yang paling cepat menyerahkan spidol ke Guru, itulah pemenangnya dengan catatan jawaban harus benar.

7. Setiap peserta didik menuliskan refleksi pada buku catatan atau kertas pembelajaran hari ini.

8. Guru memberikan video yang wajib disimak oleh seluruh murid. 

Video Tata Nama Binomial Nomenklatur 

https://youtu.be/uiU6kAi1Dj8

9. Setiap murid menuliskan hal yang penting pada video pertama tentang penulisan tata nama binomial nomenklatur dan untuk video kedua menulis tentang macam - macam perkembangan sistem Kingdom.

10. Perwakilan murid membacakan rangkuman kedua video tersebut

11. Guru menjelaskan ulang tata cara penulisan nama spesies sesuai dengan binomial nomenklatur

12. Setiap murid menuliskan 1 nama spesies yang di cari di google pada selembar kecil yang sudah di bagikan

13. Kemudian kertas kecil tersebut diestafetkan ke bangku samping sesuai urutannya.

14. Setelah mendapat kertas murid lain, nama spesies dicatat di buku atau catatan biologi

15. Kemudian di estafetkan ke temen sebelahnya, dan kembali di tulis oleh murid yang menerima nama spesies.

16. Guru memberikan asesmen formatif


Penutup

Resume: Guru membimbing peserta didik membuat kesimpulan tentang Takson dan Tata Nama Binomial nomenklatur

Refleksi: Memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengrefleksi pembelajaran pada hari ini,supaya terjadi evaluasi dan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di pertemuan selanjutnya.

Guru memberikan contoh pembiasaan positif kesadaran terhadap pentingnya memahami Takson dan Tata Nama Binomial nomenklatur

Guru memberikan evaluasi kepada peserta didik

Guru menyampaikan rencana pembelajaran selanjutnya


Asesmen Formatif

1. Sebutkan urutan takson pada hewan dari terendah ke tertinggi ! (skor 25)

2. Sebutkan urutan takson tumbuhan dari tertinggi ke terendah ! (skor 25)

3. Sebutkan tata cara penulisan Binomial Nomenklatur (skor 25)

4. Tuliskan 5 nama hewan dan 5 nama tumbuhan beserta bahasa latinnya dengan benar! (skor 25)










Nilai = jumlah skor/ 100 x 100

Kriteria Ketuntasan Tujuan Pembelajaran Tipe Interval Nilai Interval Nilai

0 – 40%

Artinya belum mencapai KKTP, remedial di seluruh bagian 41 – 65%

Artinya belum mencapai ketuntasan, remedial dibagian yang diperlukan 66% - 85%

Artinya sudah mencapai ketuntasan tidak perlu remidi 86% - 100%

Artinya sudah mencapai ketuntasan, perlu pengayaan atau tantangan.


Soal Game Estafet Urutan Takson Hewan dan Tumbuhan

1. Sebutkan urutan takson hewan dari takson terendah ke tertinggi

2. Sebutkan urutan takson tumbuhan dari takson terendah ke tertinggi

3. Sebutkan urutan takson hewan dari takson tertinggi ke terendah

4. Sebutkan urutan takson tumbuhan dari takson tertinggi ke terendah

5. Sebutkan urutan takson hewan dari takson terendah ke tertinggi

6. Sebutkan urutan takson tumbuhan dari takson takson tertinggi ke terendah

 

BERIKUT FILE MATERI URUTAN TAKSON DAN TATANAMA BINOMIAL NOMENKLATUR


Perbedaan Sel Hewan dan Sel Tumbuhan

 LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD)

Nama Sekolah                 : SMAIT ALFITYAN MEDAN
Mata Pelajaran         : Biologi 
Fase/Kelas/ Semester : F /11 / 1 
Alokasi Waktu         : 2 x 45 menit
Materi                         : Perbedaan Sel Hewan dan Sel Tumbuhan

Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat menyebutkan Perbedaan Sel Hewan dan Sel Tumbuhan
Sumber Pembelajaran
Perbedaan Sel Hewan dan Sel Tumbuhan

 
Langkah Pembelajaran
•Guru memberikan stimulus video pembelajaran
Sumber Pembelajaran Perbedaan Sel Hewan dan Sel Tumbuhan


Guru menuliskan di papan tulis sel hewan dan sel tumbuhan
Guru meminta peserta didik untuk bergantian menuliskan ciri dari salah satu sel hewan   dan sel tumbuhan
Guru dan murid secara bersamaan mencoret yang mempunyai persamaan, dan akhirnya   terdapat perbedaan antara sel hewan dan sel tumbuhan
Guru meminta murid untuk menghafalkan perbedaan antara sel hewan dan sel tumbuhan.
Guru mengadakan games estafet materi dengan cara satu grup adalah satu kolom ke belakang, guru memberikan soal yang berbeda pada setiap kolom sehingga kanan kiri   soalnya berbeda. Misal
Kolom kanan diberi soal sel tumbuhan, sedangkan kolom kiri diberi soal sel hewan. Dengan hitungan secara estafet tiap murid dalam satu kolom hanya menuliskan satu ciri  dari sel tumbuhan atau sel hewan (sesuai soal)
Guru memberikan tugas mandiri yaitu membuat Model sel hewan dan sel tumbuhan secara berkelompok.
Tiap kelompok memilih salah satu model, bisa menggunakan stereoform atau menggunakan bahan yang lain.
Refleksi Pembelajaran Hari ini










Tes Formatif
1. Perhatikan gambar di bawah ini !
 

Menurut pendapat kalian gambar diatas termasuk sel hewan atau sel tumbuhan? Sebutkan organel dan fungsi nya yang ada pada gambar tersebut sesuai dengan nomor yang tersedia pada gambar!
Jawab :

2. Perhatikan gambar di bawah ini !

Menurut pendapat kalian gambar diatas termasuk sel hewan atau sel tumbuhan? Sebutkan organel dan fungsi nya yang ada pada gambar tersebut sesuai dengan nomor yang tersedia pada gambar!
Jawab

3. Perhatikan gambar berikut !

Berdasarkan gambar diatas, coba kalian sebutkan perbedaan antara sel hewan dan sel tumbuhan!
Jawab


Wednesday, July 31, 2024

Manfaat, Dasar Klasifikasi Makhluk Hidup

     

LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK KELIMA


Nama Sekolah                 : SMAIT ALFITYAN MEDAN

Mata Pelajaran         : IPA - Biologi 

Fase/Kelas/ Semester : E/10 / 1 

Alokasi Waktu         : 2 x 45 menit

Materi                         : Manfaat, Dasar Klasifikasi Makhluk Hidup


Tujuan Pembelajaran

1. Asesmen Diagnostik materi Klasifikasi Makhluk Hidup

2. Manfaat dan dasar Klasifikasi Makhluk Hidup


Sumber Pembelajaran

Video Manfaat dan dasar Klasifikasi Makhluk Hidup



Metode Pembelajaran : Zigsaw dan Game Estafet Langkah Pembelajaran

Pendahuluan

Guru memberikan salam dan berdoa bersama

Guru mengecek kehadiran peserta didik, mengkondisikan kelas dan pembiasaan

Apersepsi

Guru menanyakan kepada peserta didik tentang materi yang sudah dipelajari yang dikaitkan dengan materi Manfaat dan dasar Klasifikasi Makhluk Hidup

Guru mengadakan asesmen diagnostik tentang Klasifikasi Makhluk Hidup (Asesmen diagnostik terlampir)

Pemberian Acuan

Guru menyampaikan tujuan pembelajaraan

Peserta didik dapat mengindentifikasikan manfaat dan dasar Klasifikasi Makhluk Hidup


Kegiatan Inti

1. Guru membagi kelas menjadi 6 kelompok ahli

2. Setiap kelompok membuat rangkuman presentasi sesuai dengan materi masing-masing Kelompok 1 : Klasifikasi Makhluk Hidup

Kelompok 2 : Manfaat klasifikasi

Kelompok 3 : Dasar Klasifikasi Sistem Alami Kelompok 4 : Dasar klasifikasi Sistem Artifisal (buatan) Kelompok 5 : Dasar klasifikasi Sistem Filogenetik Kelompok 6 : Dasar klasifikasi sistem modern


3. Guru memberikan video pembelajaran yang wajib menjadi referensi dalam membuat rangkuman materi

Video Manfaat dan dasar Klasifikasi Makhluk Hidup https://youtu.be/IUS8N5kP7WQ

4. Peserta didik berdiskusi dalam kelompok ahli

5. Peserta didik berbaris sesuai dengan kelompoknya, dan akan membuat kelompok baru yang merupakan gabungan dari ahli 1,2,3,4,5, dan 6.

 6. Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi pada kelompok ahli di kelompok baru masing-masing dalam kelompok.

7. Sehingga semua murid paham dengan materi dari kelompok ahli 1,2,3,4,5 dan 6

8. Guru memberikan asesmen formatif


Penutup

Resume: Guru membimbing peserta didik membuat kesimpulan tentang Manfaat dan dasar Klasifikasi Makhluk Hidup

Refleksi: Memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengrefleksi pembelajaran pada hari ini,supaya terjadi evaluasi dan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di pertemuan selanjutnya.

Guru memberikan contoh pembiasaan positif kesadaran terhadap pentingnya memahami Manfaat dan dasar Klasifikasi Makhluk Hidup

Guru memberikan evaluasi kepada peserta didik

Guru menyampaikan rencana pembelajaran selanjutnya



Asesmen Formatif

1. Sebutkan 4 dasar klasifikasi Makhluk hidup ! (skor 100)


Nilai = jumlah skor/ 100 x 100 Kriteria Ketuntasan Tujuan Pembelajaran Tipe Interval Nilai

Interval Nilai

0 – 40%

Artinya belum mencapai KKTP, remedial di seluruh bagian 41 – 65%

Artinya belum mencapai ketuntasan, remedial dibagian yang diperlukan 66% - 85%

Artinya sudah mencapai ketuntasan tidak perlu remidi 86% - 100%

Artinya sudah mencapai ketuntasan, perlu pengayaan atau tantangan.


Tuesday, July 30, 2024

Praktikum Pembuatan Model Sel Hewan dan Sel Tumbuhan dari Bahan makanan Fase F Kelas 11


A.      Tujuan :  Membuat model Sel Hewan dan Sel Tumbuhan dengan menggunakan bahan makanan.

B.    Alat dan Bahan : Bahan makanan yang disesuaikan dengan desain yang sudah di diskusikan.

C.    Langkah Kerja

1.   Kelas dibagi menjadi 6 kelompok, 3 kelompok membuat sel hewan, dan 3 kelompok lainnya membuat model sel tumbuhan.
2.  Peserta didik menyiapkan bahan makanan yang siap dimakan untuk nantinya di tata menjadi bentuk sel hewan atau sel tumbuhan.
3.  Setiap sel diberi keterangan organel dengan menggunakan tusuk gigi dan kertas.
4.  Presentasi tiap kelompok
5.  Setiap Kelompok memberikan nilai terhadap kelompok yang presentasi.
6.  Guru memberikan penguatan tiap kelompok yang tampil.




contoh model sel hewan dan sel tumbuhan yang sudah jadi:











Perbedaan Sel Prokariotik dan Eukariotik dan Komponen Sel

 
LEMBAR KERJA
PESERTA DIDIK (LKPD)
 
Nama Sekolah            : SMAIT ALFITYAN MEDAN
Mata Pelajaran            : Biologi
Fase/Kelas/ Semester : F /11 / 1
Alokasi Waktu           : 2 x 45 menit
Materi                         : Perbedaan sel prokariotik dan   eukariotik serta komponen sel
 
Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat mendeskripsikan Perbedaan Sel Prokariotik dan Eukariotik, Komponen Kimiawi Sel
 
Sumber Pembelajaran
Perbedaan Sel Prokariotik dan Eukariotik, Komponen Kimiawi Sel


 
Langkah Pembelajaran
Metode TTB (Tonton- Tulis Bagikan)
1.      Guru membagikan link video pembelajaran yang harus di simak oleh semua peserta didik (Tahap Tonton)

Perbedaan Sel Prokariotik dan Eukariotik, Komponen Kimiawi Sel

    2.      Guru memberikan kertas stiker pada seluruh murid

3.      Murid yang duduk di bangku sebelah kiri menuliskan tentang sel prokariotik sedangkan murid yang duduk di bangku sebelah kanan menuliskan tentang sel eukariotik (Tahap Tulis

4. Murid dalam satu bangku saling bertukar informasi (Tahap Bagi)

5.      Guru mengadakan games estafet materi dengan cara satu grup adalah satu kolom ke belakang, guru memberikan soal yang berbeda pada setiap kolom sehingga kanan kiri soalnya berbeda. Misal
Kolom kanan diberi soal sel prokariotik, sedangkan kolom kiri diberi soal sel eukariotik. Dengan hitungan secara estafet tiap murid dalam satu kolom hanya menuliskan satu ciri dari sel prokariotik atau sel eukariotik (sesuai soal)
 

Tes Formatif

1.    Perhatikan gambar berikut !






Berdasarkan gambar diatas, coba kalian sebutkan 3 perbedaan antara gambar sel prokariotik dan sel eukariotik !


2.        Menurut pendapat kalian apa hal yang mendasari perbedaan sel prokariotik dan sel eukariotik ! (jelaskan dengan ilmiah !)