Kelas X E-2

Bersama Wali Kelas

Biologi

Ilmu yang Mempelajari tentang Makhluk Hidup.

Kegiatan Belajar

Semangat Belajar.

Ifthar Jama'i

Buka Puasa Bersama bulan Ramadhan tahun 2022

Class Meeting

Kelas XI MIA 1 Juara Umum Class Meeting Semester Genap Tahun Ajaran 2021/2022

Tuesday, January 7, 2025

Pendahuluan Sistem Peredaran Darah Manusia (Fungsi, Komponen Darah dan Proses Pembekuan Darah Manusia)





LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD)

Nama Sekolah                       : SMAS Al Fityan Medan

Mata Pelajaran                       : Biologi 

Fase/Kelas/ Semester             : F /11 / 1 

Alokasi Waktu                        : 3 x 45 menit

Materi                                     : Pendahuluan Sistem Peredaran darah

Tujuan Pembelajaran

Siswa dapat menjelaskan Fungsi dan Komponen Darah 

Siswa dapat menjelaskan Proses Pembekuan Darah

 

Sumber Pembelajaran


Fungsi Peredaran Darah

https://youtu.be/b9JGqUdjjt0



Komponen Darah

https://youtu.be/5rxcjV-ifJA







Proses Pembekuan Darah

https://youtu.be/jcQn9w5gypI





 Langkah Pembelajaran


      Guru memberikan video referensi Fungsi Peredaran Darah https://youtu.be/b9JGqUdjjt0

Komponen Darah

https://youtu.be/5rxcjV-ifJA

Proses Pembekuan Darah

https://youtu.be/jcQn9w5gypI

      Guru membagikan satu kertas berisi kata yang harus dicari deskripsi oleh tiap murid (terlampir)

       Setiap murid menuliskan deskripsi sesuai dengan bagiannya di kertas HVS warna

      Perwakilan murid menuliskan hasil deskripsinya di papan tulis sesuai dengan bagiannya

      Perwakilan murid mempresentasikan hasil deskripsinya di depan kelas

      Guru menjelaskan ulang tentang pembelajaran hari ini

      Semua peserta didik diminta untuk menghafakan semua yang sudah dijelaskan oleh Guru

      Guru mengadakan asesmen formatif berupa kuis

      Murid menuliskan refleksi pembelajaran hari ini

Asesmen Formatif

Kode Soal:

ZCK573354



Kriteria Ketuntassan Tujuan Pembelajaran Tipe Interval Nilai Tujuan Pembelajaran :

Siswa dapat menjelaskan Komponen Darah

Interval Nilai

0 – 40%

Artinya belum mencapai KKTP, remedial di seluruh bagian 41 – 65%

Artinya belum mencapai ketuntasan, remedial dibagian yang diperlukan 66% - 85%

Artinya sudah mencapai ketuntasan tidak perlu remidi 86% - 100%

Artinya sudah mencapai ketuntasan, perlu pengayaan atau tantangan.


 

Fungsi Darah 1

Fungsi Darah 2

Fungsi Darah 3

Fungsi Darah 4

Plasma darah

Eritrosit

Leukosit

Trombosit

Protrombin

Fibrinogen

Ion kalsium

Tromboplast in

Vitamin K

Bagan Proses Pembekuan Darah

Vitamin K

Bagan Proses Pembekuan Darah

Fungsi Darah 1

Fungsi Darah 2

Fungsi Darah 3

Fungsi Darah 4

Plasma darah

Eritrosit

Leukosit

Trombosit

Protrombin

Fibrinogen

Ion kalsium

Tromboplast in

Fungsi Darah 1

Fungsi Darah 2

Fungsi Darah 3

Fungsi Darah 4


 

Plasma darah

Eritrosit

Leukosit

Trombosit

 


Monday, November 18, 2024

Alat dan Enzim Pencernaan



LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD)

Nama Sekolah : SMAIT AlFityan Medan

Mata Pelajaran : Biologi Fase/Kelas/ Semester : F /11 / 1

Alokasi Waktu : 3 x 45 menit

Materi : Alat dan Enzim Pencernaan



Tujuan Pembelajaran

Siswa dapat mengetahui dan paham terhadap proses Sistem Pencernaan


Sumber Pembelajaran

Alat Pencernaan Manusia 



Enzim Pencernaan Manusia



Metode Pembelajaran : Role Playing Langkah Pembelajaran

1. Kelas dibagi menjadi 2 kelompok, masing- masing kelompok minimal 16 orang

2. Setiap anggota kelompok diberi peran

3. Peran untuk Alat Pencernaan ( Video pertama)

1) Mulut

2) Kerongkongan

3) Lambung

4) Usus halus

5) Usus besar

6) Anus


4. Peran untuk Enzim Pencernaan (Video kedua)

1) Mulut : Enzim Ptialin

2) Lambung : HCl, Enzim Renin, Enzim Pepsin

3) Pankreas : Enzim Tripsin, Enzim Amilase, Enzim Disakarase, dan Enzim Lipase

4) Usus halus : Enzim Erepsinogen, Enzim Enterokinase


5. Masing2 murid menuliskan perannya di kertas HVS dan menghafal bagian nya

6. Bermain peran (role playing) gabungan antara fungsi alat pencernaan dan enzim pencernaan

 

7. Setiap murid dalam kelompok tampil di depan kelas.

8. Kelompok audiens memberikan komentar dan nilai terhadap kelompok yang tampil

9. Refleksi Pembelajaran



Asesmen Formatif

ASESMEN ALAT DAN ENZIM PENCERNAAN MANUSIA


Setelah bermain peran, jelaskan denga kata-katamu sendiri proses Pencernaan makanan !


Kriteria Ketuntassan Tujuan Pembelajaran Tipe Interval Nilai



Tujuan Pembelajaran :

Siswa dapat mengetahui dan paham terhadap proses Sistem Pencernaan



Interval Nilai

0 – 40%

Artinya belum mencapai KKTP, remedial di seluruh bagian 41 – 65%

Artinya belum mencapai ketuntasan, remedial dibagian yang diperlukan 66% - 85%

Artinya sudah mencapai ketuntasan tidak perlu remidi 86% - 100%

Artinya sudah mencapai ketuntasan, perlu pengayaan atau tantangan.


Thursday, November 14, 2024

BAKTERI







 LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK KESEMBILAN

Nama Sekolah : SMAIT ALFITYAN MEDAN

Mata Pelajaran : IPA - Biologi 

Fase/Kelas/ Semester : E / 10 / 1 

Alokasi Waktu : 3 x 45 menit

Materi : Bentuk, Struktur, Cara hidup dan Reproduksi Bakteri


Tujuan Pembelajaran

1. Peserta didik dapat menjelaskan bentuk dan struktur bakteri

2. Peserta didik dapat memahami cara hidup bakteri

3. Peserta didik dapat menyebutkan reproduksi bakteri


Sumber Pembelajaran

Bentuk dan Struktur Bakteri


Cara Hidup bakteri

Reproduksi Bakteri




Langkah Pembelajaran Pendahuluan

Guru memberikan salam dan berdoa bersama

Guru mengecek kehadiran peserta didik, mengkondisikan kelas dan pembiasaan

Apersepsi

Guru menanyakan kepada peserta didik tentang materi yang sudah dipelajari yang dikaitkan dengan materi Bentuk, Struktur, Cara hidup dan Reproduksi Bakteri Pemberian Acuan

Guru menyampaikan tujuan pembelajaraan

1. Peserta didik dapat menjelaskan bentuk dan struktur bakteri

2. Peserta didik dapat memahami cara hidup bakteri

3. Peserta didik dapat menyebutkan reproduksi bakteri


Kegiatan Inti


1. Setiap murid menyebutkan do, re dan mi secara bergantian

2. Guru memberikan Video pembelajaran

Do : Bentuk dan Struktur Bakteri

Re : Cara Hidup bakteri

Mi : Reproduksi Bakteri

 


3. Setiap murid menyimak video pembelajaran sesuai dengan bagiannya, buat rangkuman dan menuliskan Kembali apa isi video tersebut

4. Msing-masing peserta didik mencari pasangannya, sehingga akan bergabung antara murid Do, Re dan Mi.

5. Ketiga murid dalam kelompok saling berbagi apa yang sudah dipelajari pada video pembelakaran tersebut.

6. Perwakilan ketiga murid Do, Re, dan Mi untuk mempresentasikan ke depan kelas.

7. Guru memberikan penjelasan dan penguatan tentang Bentuk, Struktur, Cara hidup dan reproduksi Bakteri


Penutup

Resume: Guru membimbing peserta didik membuat kesimpulan tentang Bentuk, Struktur, Cara hidup dan Reproduksi Bakteri

Refleksi: Memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengrefleksi pembelajaran pada hari ini,supaya terjadi evaluasi dan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di pertemuan selanjutnya.

Guru memberikan contoh pembiasaan positif kesadaran terhadap pentingnya memahami Bentuk, Struktur, Cara hidup dan Reproduksi Bakteri

Guru memberikan evaluasi kepada peserta didik

Guru menyampaikan rencana pembelajaran selanjutnya


ASESMEN FORMATIF

BENTUK DAN STRUKTUR BAKTERI


Nilai = jumlah skor/ 100 x 100

Kriteria Ketuntasan Tujuan Pembelajaran Tipe Interval Nilai Interval Nilai

0 – 40%

Artinya belum mencapai KKTP, remedial di seluruh bagian 41 – 65%

Artinya belum mencapai ketuntasan, remedial dibagian yang diperlukan 66% - 85%

Artinya sudah mencapai ketuntasan tidak perlu remidi 86% - 100%

Artinya sudah mencapai ketuntasan, perlu pengayaan atau tantangan.


Monday, November 4, 2024

SISTEM PENCERNAAN (ZAT MAKANAN)

 



LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD)

Nama Sekolah  : SMA AlFityan Medan

Mata Pelajaran : Biologi 

Fase/Kelas/ Semester : F /11 / 1 

Alokasi Waktu: 3 x 45 menit

Materi : Sistem Pencernaan



Sumber Pembelajaran 

Makanan dan Fungsinya 



Zat Makanan Makronutrien



Zat Makanan Mikronutrien





ASESMEN FORMATIF ZAT MAKANAN


Interval Nilai

0 – 40%

Artinya belum mencapai KKTP, remedial di seluruh bagian 41 – 65%

Artinya belum mencapai ketuntasan, remedial dibagian yang diperlukan 66% - 85%

Artinya sudah mencapai ketuntasan tidak perlu remidi 86% - 100%

Artinya sudah mencapai ketuntasan, perlu pengayaan atau tantangan.


Monday, October 28, 2024

Sistem Gerak Manusia (Artikulasi Persendian)



 LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD)


Nama Sekolah : SMAIT ALFITYAN MEDAN

Mata Pelajaran : Biologi 

Fase/Kelas/ Semester : F /11 / 1 

Alokasi Waktu : 3 x 45 menit

Materi : Artikulasi


Tujuan Pembelajaran

Siswa dapat menjelaskan Artikulasi


Sumber Pembelajaran

Artikulasi (Persendian) 


Langkah Pembelajaran

Guru memberikan video referensi Artikulasi Artikulasi



Guru membagi kelompok 2 peserta didik yang duduk sebangku menjadi satu kelompok.

Semua peserta didik menyimak video Artikulasi dan menghafalkan gerakan dan contoh artikulasi

Guru membuat soal-soal Artikulasi (ada di Lampiran)

Masing- masing bangku mengambil 6 soal yang berbeda untuk dihafalkan. Kemudian bergantian dengan bangku lain saling tebak menebak soal dan jawaban.

Bertukar soal sampai semua soal bisa di hafal (18 soal).

Perwakilan peserta didik mempresentasikan gerakan artikulasi yang terdapat di video.

Guru memberikan kuis sebagai asesmen formatif

Guru Memperagakan gerakan artikulasi

1. Sendi Mati

2. Sendi kaku

3. Sendi Engsel

4. Sendi Peluru

5. Sendi Putar

6. Sendi Pelana

7. Sendi Engsel

8. Sendi Putar

9. Sendi Sinarthrosis

10. Sendi Sinfibrosis

 

Kriteria Ketuntassan Tujuan Pembelajaran Tipe Interval Nilai

Tujuan Pembelajaran :

Siswa dapat menjelaskan Artikulasi


Guru menggerakkan Interval Nilai

0 – 40%

Artinya belum mencapai KKTP, remedial di seluruh bagian 41 – 65%

Artinya belum mencapai ketuntasan, remedial dibagian yang diperlukan 66% - 85%

Artinya sudah mencapai ketuntasan tidak perlu remidi 86% - 100%

Artinya sudah mencapai ketuntasan, perlu pengayaan atau tantangan.

 


Sinarthrosis Amfiarthrosis Diarthrosis Sinfibrosis

Sinkondrosis Simfisis Sindemosis Gomposis

Sendi Engsel Sendi Peluru Sendi Pelana Sendi Putar

Sendi Luncur Sendi Elipsoid Gerakkan Sendi Engsel Gerakkan Sendi Peluru

Gerakkan Sendi Pelana Gerakkan Sendi Putar Sinarthrosis Amfiarthrosis

Sinarthrosis Amfiarthrosis Sinkondrosis Simfisis

Sinkondrosis Simfisis Sendi Engsel Sendi Peluru

Sendi Engsel Sendi Peluru Sendi Luncur Sendi Elipsoid

Sendi Luncur Sendi Elipsoid Gerakkan Sendi Pelana Gerakkan Sendi Putar

Gerakkan Sendi Pelana Gerakkan Sendi Putar Sinarthrosis Amfiarthrosis

Sinarthrosis Amfiarthrosis Sinkondrosis Simfisis

Sinkondrosis Simfisis Sendi Engsel Sendi Peluru

Sendi Engsel Sendi Peluru Sendi Luncur Sendi Elipsoid

Sendi Luncur Sendi Elipsoid Gerakkan Sendi Pelana Gerakkan Sendi Putar

Gerakkan Sendi Pelana Gerakkan Sendi Putar Sinarthrosis Amfiarthrosis

 


Sinarthrosis Amfiarthrosis Sinkondrosis Simfisis

Sinkondrosis Simfisis Sendi Engsel Sendi Peluru

Sendi Engsel Sendi Peluru Sendi Luncur Sendi Elipsoid

Sendi Luncur Sendi Elipsoid Gerakkan Sendi Pelana Gerakkan Sendi Putar

Sinarthrosis Amfiarthrosis Sinkondrosis Simfisis

Sinkondrosis Simfisis Sendi Engsel Sendi Peluru

Sendi Engsel Sendi Peluru Sendi Luncur Sendi Elipsoid

Sendi Luncur Sendi Elipsoid Gerakkan Sendi Pelana Gerakkan Sendi Putar

Sinarthrosis Amfiarthrosis Sinkondrosis Simfisis

Sinkondrosis Simfisis Sendi Engsel Sendi Peluru

Sendi Engsel Sendi Peluru Sendi Luncur Sendi Elipsoid

Sendi Luncur Sendi Elipsoid Gerakkan Sendi Pelana Gerakkan Sendi Putar

Sinarthrosis Amfiarthrosis Sinkondrosis Simfisis

Sinkondrosis Simfisis Sendi Engsel Sendi Peluru

Sendi Engsel Sendi Peluru Sendi Luncur Sendi Elipsoid